oleh

Suara Masuk 61 Persen, Selisih DHDS-HERO Tipis

Hasil Real Court Sirekap KPU PALl

 

PALI, SuaraSumselNews | PILKADA Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir (PALI) diikuti oleh dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati.
Paslon nomor urut 1,Devi Harianto SH MH-H Darmadi Suhaimi SH (DHDS)
Paslon nomor urut 2,Ir H Heri Amalindo MM-Drs H Soemarjono (HERO)

Berdasarkan hasil real count di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pilkada2020.kpu.go.id
Pada Jumat (11/12) pukul 11.43 WIB persaingan kedua calon sangat ketat bahkan selisih perolehan suara keduanya tidak sampai 1 persen.

DHDS memperoleh 49,8 persen, HERO memperoleh 50,52 Persen.Suara yang masuk sudah mencapai 62, 27 persen atau 250 dari 408 TPS yang ada di Kabupaten PALI.

Hasil real count bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk menentukan pemenang dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka yang dilakukan KPU.

BACA JUGA:  Wagub Launching Satu juta Sambung Pucuk Kopi Petani Pagaralam

Menilai pelaksanaan pemungutan suara pada pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Komisi Pemilihan Umum (KPU) PALI memberikan apresiasi pada warga Bumi Serepat Serasan.

Pasalnya, partisipasi pemilih di PALI melampaui target yang ditetapkan nasional yakni diangka 77 persen hak suara disalurkan.

Sunario memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat PALI yang telah ikut berpartisipasi. “Alhamdulillah, berkat dukungan semua masyarakat jalannya pemungutan suara lancar dan aman, sehingga mensukseskan pesta demokrasi di PALI,” ungkap Ketua KPU PALI, Sunario SE, Jumat (11/12).

“Tingkat partisipasi masyarakat PALI cukup tinggi, dikisaran 79 persen sampai 80 persen. Ini melampaui 77 persen dari target nasional,” tambahnya.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 DHDS Beny Setiawan mengungkapkan, bahwa pihaknya optimis akan memenangkan Pilkada PALI.

BACA JUGA:  DPRD Banyuasin Mengapresiasi Hadirnya Gerakan Cinta Rakyat

“Kita sama-sama menghormati klaim kemenangan dari masing-masing paslon. Dan hasil internal kita, kita masih optimis menang. Sesungguhnya kita masih menghormati keputusan KPU melalui rapat pleno,” ujarnya didampinggi Wakil Ketua Mairil Aprianto.

Lebih lanjut dikatakanya, bahwa pihaknya saat ini masih mengkaji temuan-temuan yang ada dilapangan dan menginventarisir apa yang dilihat dan ditemukan dilapangan.

“Kita juga menghimbau kepada semua tim pemenangan dan masyarakat agar tetap bersabar dan tenang agar hasil dari apa yang kita perjuangan selama ini sesuai dengan apa yang kita harapkan,” tambahnya.

Ketua Tim Pemenangan paslon nomor urut 02 HERO Mulyadi mengatakan, bahwa tim koalisi telah mendengarkan dan menyambut kemenangan ini dengan sangat gembira.

BACA JUGA:  DPRD Lahat Rapat Paripurna Raperda Perubahan APBD 2021

“Dengan ini kami ucapkan terima kasih dari bapak Heri Amalindo kepada tim yang telah bekerja keras,” ungkapnya.

Ditambahkan, Dhabi K Gumayrah SH MH mengatakan, saat ini merupakan masa rekapitulasi tingkat PPK dan pihaknya telah menunjuk siapa saja orang-orang yang akan menjadi saksi rekapitulasi PPK tersebut.

“100 persen kita sudah menghitung C1 salinan, dan hasilnya kemenangan paslon kita. Hasil rekapitulasi ini hanya sekedar untuk menyamakan C1 salinan dan C1 rekapitulasi,” jelasnya.

Untuk itu, tidak ada yang bisa menggugat angka tersebut. “Kami himbau untuk sama-sama mengawasi ditingkat PPK. Tidak ada suara yang tercecer di PPK. Politik kita lawan dengan politik. Hukum kita lawan dengan hukum,” tegasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.