Sekda Kasih Raport Bulanan ke OPD yang Baik dan Jelek

PALEMBANG, SuaraSumselNews | WALIKOTA Palembang, Harnojoyo mempercayakan kepada Sekda Ratu Dewa, termasuk yang akan mengesekusi OPD yang tidak baik kinerjanya.

“Saya secara langsung memberikan instruksi kepada Sekda Pak Ratu Dewa agar bisa terapkan penilaian tersebut dengan memberikan penilaian setiap bulanya kepada seluruh OPD. Jika tidak bisa bekerja, ganti saja,” kata Harnojoyo

Rencana evaluasi kinerja OPD, akan disampaikannya melalui pembinaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), yang dilaksanakan di Hotel Harper Palembang, Kamis (21/7). “Siap siap saja setiap OPD setiap bulan akan ada penilaian langsung,” kata Harnojoyo.

Harnojoyo mengungkapkan, penilaian OPD wajib dilakukan, untuk meningkatkan pelayanan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang ke masyarakat. “Jika tidak tercapai, akan langsung di evaluasi,” kata dia.

Harnojoyo bersyukur capaian Pemkot Palembang pada tahun 2021 di tengah badai Pandemi Covid-19 cukup menggembirakan.

Dimana, beberapa gambaran pertumbuhan di Kota Palembang ini, sejak awal Covid 19 hingga saat ini.

Seperti pertumbuhan ekonomi Kota Palembang yang mengalami peningkatan di tahun 2021 sebesar 3,17 persen.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo memerintahkan Sekda Ratu Dewa untuk memberikan raport penilaian kepada setiap OPD yang memiliki kinerja baik dan sebaliknya.

Dimana, pertumbuhan ekonomi ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah mengalami kontraksi pada tahun tahun 2020 sebesar 0,25 akibat Pandemi Covid-19.

Kedua inflasi Kota Palembang selama tahun 2021 terjaga stabil dan tumbuh sebesar 1,84 persen.Ketiga, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Palembang pada tahun 2021 sebesar 78,72 persen atau meningkat bila dibandingkan dengan IPM tahun 2020 sebesar 78,33 persen.

Keempat, untuk angka pengangguran, yang diukur dari Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Palembang, pada bulan Agustus 2021 sebesar 10,11 persen.
Terakhir, persentase Penduduk Miskin di Kota Palembang pada tahun 2021 sebesar 11,34 persen.

Hanya saja, pada nilai Akuntabilitas Kinerja (AKIP) Kota Palembang, Harnojoyo merasa belum puas, karena nilai kinerja aparaturnya masih jauh dari standar.

“Selama delapan tahun terakhir sampai dengan tahun 2021, nilai AKIP Kota Palembang bernilai “B”, padahal target capaian AKIP Kota Palembang seharusnya adalah “BB”. Artinya masih jauh,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengaku siap menjalankan instruksi dari Walikota Palembang Harnojoyo.Menurut dia, pihaknya akan memberikan raport kepada OPD OPD baik yang memiliki kinerja baik maupun sebaliknya.

“Kita akan objektif menjalankan penilaian ini, untuk meningkatkan kinerja OPD,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *