Ratu Dewa Dampingi Pangdam II Swj Tinjau Karya Bakti di Pasar Sekip Ujung

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pj Wali Kota Ratu Dewa mendampimgi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil pada giat Karya Bakti Kodim 0418 bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di Pasar Sekip Ujung, Kamis (7/12).

Kegiatan ini bertujuan mengantisipasi banjir dan munculnya wabah penyakit, terlebih lagi saat ini telah memasuki musim hujan.

Pj Walikota bersama Pangdam serta Dandim 0418 berkeliling mengecek langsung kondisi Pasar Sekip Ujung.

Para petugas kebersihan dari Pemkot Palembang dan juga prajurit TNI AD kompak bersama-sama terlihat membersihkan kawasan pasar tersebut, termasuk selokan yang mampet.

Pj Walikota Ratu Dewa mengapresiasi setinggi-tinggnya kegiatan yang telah diinisiasi oleh pihak TNI AD dalam membersihkan kawasan Pasar Sekip Ujung ini.

“Sebenarnya kalau di tingkat kota kerjasama dengan pak dandim ini sudah terpelihara cukup lama mulai dari awal, termasuk penanganan kabut asap kemarin ada tim terpadu,” ujar Ratu Dewa.

Dalam mengantisipasi banjir di musim hujan ini, lanjut Dewa, kegiatan karya bakti ini adalah awal dan akan terus digerakan di pasar- pasar lainya.

“Kita mengerahkan seluruh armada yang ada, termasuk prajurit TNI dan seluruh petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLHK) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainya,” kata dia.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI, Yanuar Adil mengungkapkan, bahwa pihaknya melaksanakan perintah dari KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk melaksanakan pembersihan pasar, pembersihan selokan dan penanaman pohon.

“Ini dilakukan karena Desember memasuki musim hujan, pasar ini kalau tidak dibersihkan banyak lalat dan banyak nyamuk yang nantinya bisa menimbulkan demam berdarah,” ujar Mayjen TNI Yanuar.

Ia menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan kalau di Kodam II dilaksanakan di seluruh Sumbagsel.

Setiap Kodim di wilayah Kodam II melaksanalam termasuk di empat provinsi yaitu Lampung, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu.

“Ini akan dilakukan selama dua minggu berturut-turut dulu, nanti dari Kodam akan melaporkan ke Angkatan Darat. Hari ini pembersihan pasar besok penanaman pohon, besok lagi pembersihan selokan. Di selokan itu kan biasanya mampet jadi itulah yang kita bersihkan untuk mengurangi banjir,” tutupnya. (*)