Pusparia: Duku Komering Destinasi Agro Park Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews | SIAPA yang tak kenal dengan buah Duku asal Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Duku komering, sebutan terkenal buah yg rasanya legit dan manis sudah terkenal di Indonesia.

Tiap tahun duku komering membanjiri pasar buah di Jakarta maupun daerah lain di Indonesia. Pada musim panen tahun 2019 ini, masyarakat Ogan Komering Ilir (OKI) kebanjiran berkah rezki tahunan yang memang menjadi icon Komering sebagai daerah duku.

Pusparia W Raharjo, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Sumatera Selatan dan juga Bendahara Badan Promosi Pariwisata Sumsel mengatakan, Duku Komering selain sebagai buah unggulan Kabupaten OKI dan OKU Timur, kawasan Komering tersebut selayaknya dijadikan Destinasi wisata Agro Park di Sumsel.

Perlu adanya kebijakan kreatif agar Sumsel memiliki Destinasi agro park baru, lanjut Pusparia.

“Kawasan Tanjung Lubuk, Cempaka, Campang Tiga, Rasuan yang  banyak batang Duku dapat menjadi kawasan Agro park dan memancing wisatawan lokal, domestik maupun mancanegera datang ke Kabupaten Ogan Komering Ilir,” tegas Pusparia yang juga Bendahara Badan Promosi Pariwisata Sumsel.

Tentunya kawasan tersebut perlu dibangun fasilitas publik pendekatan management Agro natural konsep.

“Dengan pola kemitraan antara stekholder, pemerintah, swasta juga masyarakat setempat sehingga Duku tersebut memberika side efect ekonomi yang lebih luas,” tambah Pusparia.

Dari buah duku dan  kawasan wisata agro park Komering akan tumbuh sentra-sentra kuliner, restoran maupun penginapan home stay.

Peran DPD APJI Sumsel akan bersinergi dengan DPC APJI Ogan Komering Ilir maupun pemerintah setempat dalam mewujudkan  Duku Komering Agro Park Sumsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar