PT Sahabat Mandiri Kesatria Pionir Pertama Sertifikasi Kompetensi di Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pusdik PT. Sahabat Mandiri Kesatria kembali menyelenggarakan Sertifikasi Uji Kompetensi Gada Pratama Angkatan ke-3 selama dua hari mulai tanggal 9 -10 Juni 2023 di Jalan Brigjen Hasan Kasim/ Purwosari Raya Lr. Simanampang, Kec, Kalidoni Kota Palembang.

Diklat Gada Pratama merupakan pendidikan dan pelatihan dasar wajib bagi calon satpam. Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar untuk mengetahui apa saja wewenang dan tanggung jawab seorang satpam dalam menjalakan tugas untuk pengamanan.

Direktur LSP P-2 Sekuriti PP POLRI, Irjen Pol  (P) Drs A Kamil Razak, SH diwakili Assesor LSP P2 PP Polri, Brigjen Pol (Pur) Drs Sarono mengatakan, LSP P-2  Sekurity PP Polri  merupakan unsur pelaksana dan bagian yang tidak terpisahkan dari Polri.

“LSP P-2 Sekurity PP Polri merupakan tangan Polri bertujuan agar masyarakat ikut berperan aktif dalam harkamtibnas dalam bentuk pamswakarsa, juga membuka  lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi anggota PP Polri,” jelas Brigjen Pol (Pur) Drs Sarono pada pembukaan Sertifikasi Kompetensi Kerja untuk Security Tingkat Gada Pratama, Sabtu, (10/6/2023).

Ia menjelaskan bahwa kedudukan Gada  Pratama adalah unsur pelaksana dalam satuan pengamanan serta merupakan level awal dari karir sebagai seorang Sekurity. Ada beberapa standar kompetensi yang harus dimiliki antara lain :

  1. Kode unit : N.80PAM00.001.2 : Melaksanakan Persiapan Pelaksanaan Tugas
  2. Kode unit : N.80PAM00.002.2 : Melaksanakan Pengaturan
  3. Kode unit : N.80PAM00.003.2 : Melaksanakan Penjagaan
  4. Kode unit : N.80PAM00.004.2 : Melaksanakaan Pengawalan
  5. Kode unit : N.80PAM00.005.2 : Melaksanakan Patroli
  6. Kode unit : N.80PAM00.006.2 : Melaksanakan Pengamanan di Tempat Kejadian Perkara
  7. Kode unit : N.80PAM00.007.2  : Menangani Barang Berbahaya dan Barang Terlarang

Ia berharap peserta Gada Pratama dapat mengikuti seluruh proses  kompetensi baik ujian tertulis maupun praktek lapangan serta dapat mengukur kemampuan masing-masing individu dengan telah mengikuti sertifikasi kompetensi ini.

“Peserta dapat memetik pengalaman dengan mengikuti sertifikasi kompetensi, tetapi bukan hanya mendapat sertifikat saja tetapi untuk memacu diri untuk meningkatkan kemampuan dan trampil dalam melaksanakan tugas,” harapnya.

Usai sambutan , Brigjen Pol (Pur) Drs Sarono sekaligus membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Gada Pratama tahun 2023 kerja sama antara LSP P-2 Sekurity PP Polri, BNSP dan PT. Sahabat Mandiri Kesatria.

Sementara, Ketua Umum BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumsel, H Novembriono, SE dalam sambutannya menyambut baik kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi Gada Pratama ini.

Ia berharap kegitan ini harus sering-sering dilakukan untuk menambah pengetahuan para security.

“Menyambut baik dan diharapkan kegiatan ini dilakukan terus menerus dan menjadi contoh bagi BUJP lain supaya bisa ikut melaksanakan uji kompetensi, karena ini adalah bagian dari Peraturan Kepolisian Negara Nomor 4 Tahun 2022,” jelasnya.

Novembriono yang biasa disapa Boy ini berharap dengan adanya uji kompetensi ini akan meningkatkan kualitas satpam.

“Dengan adanya uji kompetnsi ini, satpam dalam melaksanakan kegiatan pengamanan lebih meningkat lagi,” pungkasnya.

Pelaksana Sertifikasi Uji Kompetensi Gada Pratama PT. Sahabat Mandiri Kesatria dari Smart Security, H. Bobbi Alex, ST, MT mengatakan bahwa Sertifikasi Uji Kompetensi Gada Pratama ini diikuti 40 orang peserta dan semuanya adalah anggota dari PT. Sahabat Mandiri Kesatria sendiri.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini akan mampu meningkatkan professional jasa pengamanan di lapangan. “Sertifikasi Uji Kompetensi Gada Pratama bertujuan agar security ini lebih berkompeten dan layak serta meningkat secara professional, Insyaallah akan melahirkan satpam yang bermartabat,” harapnya.

“Perlu diketahui bahwa PT. Sahabat Mandiri Kesatria adalah smart pionir pertama dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi di Wilayah Sumsel,” jelas Bobbi.

Laporan : M Asri