Program Operasi Mata Gratis, tak Hanya Layani Operasi Katarak Saja

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PEMPROV Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Rumah Sakit Khusus  Mata  bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel kembali mengelar program operasi mata gratis bagi masyarakat dari kalangan tidak mampu.

Dimana untuk tahun 2023 ini ditandai dengan Ceremony Pelaksanaan CSR Pengobatan mata  gratis bersama Bank Sumsel Babel  dengan RS Khusus Mata Provinsi Sumsel yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru,  Kamis (10/8).

Dalam sambutannya Gubernur Herman Deru  mengharapkan agar  program pengobatan mata gratis CSR Bank Sumsel Babel yang rutin digelar ini disosialisasikan secara masif pada masyarakat  sehingga bagi yang membutuhkan dapat  mendaftarkan diri dan segera ditangani oleh pihak RS Khusus Mata.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bank Sumsel dan RS Khusus Mata atas kekonsistennya menjalankan progam mulia ini. Agar diketahui oleh masyarakat secara luas berikan  informasi secara masif sehingga diketahui secara luas  bagi mereka yang membutuhkan pengobatan mata,” tambah Herman Deru.

Dikatan Herman Deru, panca indra manusia khususnya mata sangat penting karena itu harus dijaga dengan sebaik mungkin, sehingga dapat berfungsi secara normal  tanpa diganggu oleh faktor  penglihatan dalam beraktivitas sehari-hari.

“Mata adalah salah satu panca indra yang sangat penting. Karenanya program CSR Bank Sumsel Babel ini sangat bermanfaat dalam  membantu pengobatan  keluhan penglihatan bagi yang membutuhkan,”  imbuhnya.

Dia juga berpesan agar para tenaga kesehatan yang  bertugas  di RS Khusus Mata Provinsi Sumsel  dapat memberikan layanan secara maksimal kepada pasien agar  sang pasien segera pulih dari penyakit  penglihatan yang mereka derita selama ini. Selain itu lanjut dia, yang lebih penting bagaimana mengedukasi masyarakat agar  dapat menjaga kesehatan mata  sehingga dapat berfungsi secara normal.

“Saya  meminta petugas medis memberikan pelayanan  terbaiknya untuk para pasien dan keluarganya. Agar mental mereka kuat  yang tentu akan mempercepat proses penyembuhan,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya Herman Deru mengajak masyarakat Sumsel memanfaatkan momen yang baik ini dengan mendatangi pusat layanan  yang dibuka oleh RS Khusus Mata Provinsi Sumsel.

“Kepada masyarakat yang membutuhkannya, manfaatkan kesempatan baik ini. Dan kepada semua pihak yang telah membantu mudah-mudahan ini catat sebagai ibadah karena ini adalah  perbuatan yang sangat mulia,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama RS Khusus Mata Provinsi   Sumsel, dr. Lady Kapotener dalam  melaporkan   kegiatan operasi mata tahun  2023 yang digelar oleh RS Khusus Mata bekerjasama dengan CSR Bank Sumsel Babel   telah melakukan pengobatan melalui tindakan operasi mata bagi 20 orang pasien yang berasal dari kabupaten/kota yang  tersebar di Sumsel meliputi berasal dari Kabupaten Banyuasin sebanyak  9 orang pasien,  dari Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak  5 orang pasien mata katarak,  dari Kabupaten OKU Timur ada  2 orang pasien, dKota Palembang 4 orang pasien,  sedangkan  pasien dari  Kabupaten  OKI  dan Ogan  Ilir masing-masing 1 orang pasien.

“Kita tidak hannya memberikan pengobatan bagi pasien penderita  katarak saja. Namun   penderita sakit mata lainnya  juga kita  layani,” tegasnya.

Selain memberikan layanan  pengobatan mata secara gratis, lanjut dia, RS Khusus Mata Prov Sumsel juga  melakukan gerakan pembagian  2 ribu  kaca mata secara gratis.
“Sesuai dengan arahan Pak Gubernur kita dari RS Mata  juga membagikan dua  ribu kaca mata secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Dilain pihak Direktur  Utama  (Dirut) Bank Sumsel Babel,  Achmad Syamsudin mengungkapkan pada Tahun 2023 ini  Bank yang dipimpinnya tersebut  mengalokasikan CSR Rp 500 juta  serta  satu unit kendaraan operasional  untuk RS Mata Provinsi Sumsel.

“CSR  ini kami berikan  secara berkesinambungan yang diperuntukan bagi  pasien  yang akan menjalani operasi mata. Salin itu khusus tahun ini Bank Sumsel Babel juga memberikan satu unit kendaraan operasional  untuk RS Khusus Mata Provinsi   Sumsel,”  pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut  Gubernur  Herman Deru didampingi Dirut RS Khusus Mata   dr. Lady Kapotener dan Dirut  Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin melakukan  peninjauan  jalannya operasi mata pasien.

Diketahui  program pengobatan mata gratis ini telah berlangsung sejak tahun 2019 melalui  Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumsel Babel. (*)