Pj Gubernur Sumsel Silaturahmi ke Kediaman Cagub Herman Deru dan Mawardi Yahya

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni melakukan silaturahmi ke rumah pribadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023, Herman Deru – Mawardi Yahya di hari pertama Idul Fitri 1445 H. Deru-Mawardi merupakan bakal calon Gubernur (Bacagub) Sumsel yang akan bersaing di Pilkada nanti. Kunjungan itu sekaligus silaturahmi ke sejumlah Pimpinan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Sumsel. Kehadiran pria asal Bahuga, Kabupaten Way Kanan, Lampung ke rumah Deru-Mawardi di luar agenda resmi yang disampaikan Humas dan Protokol Pemprov Sumsel.

Dalam agenda tersebut, Fatoni dijadwalkan hanya mengunjungi kediaman Ketua DPRD Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, Kasdam II Sriwijaya, Danrem 044 Garuda Dempo dan Wakapolda Sumsel. Tidak ada jadwal ke kediaman Deru di Taman Kenten ataupun Mawardi di Karang Jaya, Gandus di Palembang.

Silaturahmi Pj Gubernur Sumsel itu terlihat dari unggahan akun media sosial milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumsel. Terlihat juga dari unggahan story milik Herman Deru di akun @hermanderu67.

Dalam open house di kediaman Mawardi, tampak hadir Gubernur Sumsel periode 2003-2008 Syahrial Oesman. Syahrial merupakan Ketua Tim Pemenangan Mawardi-Harno di Pilgub 27 November nanti. Kunjungan Fatoni ke rumah pribadi Deru-Mawardi dibenarkan Kabag Humas Pemprov Sumsel, Ega Puza Satria. Menurutnya, kunjungan itu tidak terjadwal dan di luar agenda yang ada.

Diketahui, Deru dan Mawardi memilih pisah dan jalan masing-masing di Pilkada 2024 mendatang. Keduanya tak lagi bersanding di Pilgub Sumsel setelah Mawardi melakukan deklarasi dan memilih mantan Wali Kota Palembang 2 periode Harnojoyo sebagai pasangannya.
Sebelumnya, saat open house di kediamannya, Deru menyebut saat ini belum mau membahas strategi dan langkah politiknya ke depan. Dia baru mau bicara hal tersebut usai Lebaran. “Memang kan selama Ramadan ini saya tidak mau ngomong politik, nanti setelah Lebaran saya kasih waktu,” ujar mantan Bupati OKU Timur 2 periode ini, Rabu (10/4).

Herman Deru mengaku masih memilah-milah siapa yang akan diajak untuk menjadi wakilnya. Komunikasi juga pernah dilakukan Deru bersama sejumlah mantan bupati, seperti Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad, Bupati Banyuasin Askolani dan Bupati Lahat Cik Ujang. Deru juga pernah bertemu Bupati PALI aktif Heri Amalindo.
“Insya Allah setelah Lebaran saya akan bicara terkait Pilgub, nanti akan ada waktunya untuk menyampaikan hal tersebut,” ungkapnya. (*)