Perangkat Daerah Harus Mampu Jabarkan Visi dan Misi Pembangunan

Musrenbang RPJMD Ogan Ilir Tahun 2021

INDRALAYA, SuaraSumselNews | BUPATI Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2021-2026. Selasa, (29/6). Bertempat di Gedung Serba Guna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar mengatakan bahwa penyelenggaraan Musrenbang merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RPJMD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2021-2026. RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah, dan keuangan daerah. Serta program Perangkat Daerah dan lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun, dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW, dan RPJMN.

Musrenbang ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan, terhadap program pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun kedepan.

“Untuk itu pada kesempatan yang sangat baik ini, saya minta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang saat ini hadir, untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif”, ujar Bupati Panca.

Bupati Panca juga menjelaskan bahwa dalam kerangka penyusunan RPJMD Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2021-2026, ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita semua.

Pertama, seluruh Perangkat Daerah agar dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Ogan Ilir dengan sebaik-baiknya, dengan cara menyusun sasaran Perangkat Daerah, program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia datanya. Kedua, rasionalisasi program kegiatan yang secara nomenklatur tidak jelas dan tidak memiliki nilai manfaat bagi rakyat. Dan ketiga, simultan dengan penyusunan RPJMD, dimasing-masing Perangkat Daerah agar memproses untuk penyusunan Renstra Perangkat Daerah mengacu pada Rancangan RPJMD.

Turut hadir dalam acara ini Perwakilan Direktur Dalam Negeri, Kepala Bappeda Prov. Sumsel, Pimpinan Bank Sumsel Cabang Indralaya, Direktur PLN, Direktur Petroga, Direktur PDAM, Camat Se-Kab. Ogan Ilir, Ketua Dharma Wanita Kab. Ogan Ilir, Ketua Baznas Ogan Ilir, Ketua Dewan Kesenian, dan Peserta Musrenbang RPJM. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *