Palembang-Prabunulih Zona Merah Covid-19

PALEMBANG, SuaraSumselNews| LAGI, dua kota di Sumsel berstatuskan zona merah Covid-19.Kota Palembang dan Praumulih berstatuskan zona merah Covid-19 sjeak dua hari silam lantaran kasus Covid-19 meningkat.

Berdasarkan data terbaru pada 22 Januari 2021, kasus konfirmasi Covid-19 di Palembang sebanyak 6.379 kasus, sedangkan di Prabumulih ada 595 kasus.

Ahli epidemiologi Universitas Sriwijaya, Iche Andriany Liberty, menjelaskan zona merah Covid-19 di dua kota di Sumsel ini menggambarkan waktu satu hingga dua pekan sebelum daerah tersebut dinyatakan termasuk daerah zona risiko tinggi penularan Covid-19.

“Zona merah Covid-19 ini juga dikarenakan kendornya disiplin 3M atau upaya 3T (tracing, testing, dan treatment) dari pemerintah yang kemungkinan tidak optimal,” jelasnya.

Menurut Iche, upaya terbaik dalam meminimalisasi penularan kasus lebih meluas adalah dengan perubahan perilaku dari masyarakat.

Perubahan perilaku ini pun membutuhkan kesadaran kolektif dari masyarakat dan membutuhkan waktu yang lama.

“Tetapi, sekali lagi ini pandemi yang memaksa kita mempercepat perubahan itu,” katanya.

Iche mengimbau masyarakat Sumsel untuk tak lelah menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.
Selain itu, masyarakat pun diminta untuk tak mudah mempercayai informasi keliru mengenai Covid-19 yang menyebar dengan cepat di berbagai platform sosial media.

“Apalagi, banyak informasi yang keliru dengan cepat menyebar di masyarakat.
Ini memegang peranan besar dalam mempengaruhi persepsi masyarakat kita. Mari saling patuhi protokol kesehatan agar pandemi lekas berakhir.” ujar Iche. (sp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *