KMNU Unsri-MSDI Bina Warga Sungai Rambutan

INDRALAYA, SuaraSumselNews | KELUARGA Mahasiswa Nahdlotul Ulama (KMNU) adalah organisasi kemahasiswaan yang bergerak dibidang Sosial Agama dan Majelis Silaturahim Dakwah Islam Ogan Ilir (MSDI OI). Dan bergerak dibidang Dakwah dan pemberdayaan ekonomi umat, belum lama ini melakukan pembinaan masyarakat Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir.

Dua organisasi bersatu membina umat. KMNU Unsri dan MSDI OI memiliki visi dan misi yang sama yaitu dalam mewujudkan kemaslahatan umat. Tidak hanya melakukan dakwah di kampus atau di masjid, mushola dan kesempatan lainnya, tetapi juga turut berkontribusi dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat secara langsung agar dapat memberikan kebermanfaatan lebih luas dan lebih nyata.

Salah satunya seperti yang dilakukan KMNU Unsri bekerjasama dengan MSDI OI sekaligus dalam rangka Harlah KMNU yang ke 6, 4 Oktober 2021 melakukan pembinaan ke masyarakat Transmigrasi Desa Sungai Rambutan.
Pembinaan meliputi Pembentukan Sentra Produksi Karet pekat di KTM transmigrasidi Kantor UPTD Pengelola Kota Terpadu Mandiri (KTM) Pemukiman Transmigrasi Sungai Rambutan-Parit Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir.

Ustdz Zainal Fanani, M.Si Pembina KMNU Unsri mengatakan, bahwa bagi masyarakat yang berminat untuk menindak lanjuti mendirikan usaha sentra produksi karet pekat, pihaknya bersedia mempasilitasihi segala sesuatunya hingga terbentuknya usaha ini.

Lebih lanjut Zainal Fanani, usaha getah karet pekat ini sangat menjanjikan dapat meningkatkan penghasilan yang lebih, karena harga penjualan betah karet pekat mencapai tiga kali lipat dari harga getah karet biasa. Selain itu usaha sentra produksi getah karet pekat, dapat juga diolah menjadi barang jadi, antara lain lem untuk industri kayu lapis, karet gelang dan busa padat untuk kursi atau jok mobil.

Sementara itu Ketua KMNU, diwakili Bidang Pemberdayaan Masyarakat, seorang mahasiswa dari jurusan Agronomi Fakultas Pertanian Unsri Fajrul, menyatakan sangat berterima kasih kepada masyarakat dan aparatur pemerintah yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.

KMNU Unsri siap membantu masyarakat apabila diperlukan termasuk bidang dakwah
Lebih lanjut, Fajrul bahwa melalui kegiatan pelatihan masyarakat ini menjadi inspirasi dan gerak untuk cinta tanah air yang tertera dalam kalimat hubbul wathon minal iman. Cinta tanah air diwujudkan dengan kontribusi secara langsung kepada masyarakat dalam meningkatkan kreatifitas dan ekonomi yang akan berpengaruh kepada kemajuan negara dan ekonomi.

Semakin banyak masyarakat cerdas dan kreatif maka semakin cepat pula Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.Mengamati manfaat positif dari usaha pemanfaatan getah karet dan minyak kelapa,

Ketum MSDI Ogan Ilir, Ki. Abdul Gofar memandang perlu adanya pihak pemerintah, baik tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten bahkan Provinsi dapat memberikan perhatian, dengan mengalokasikan dana pembinaan dan permodalan bagi masyarakat untuk merealisasikan pelatiahan ini benar-benar menjadi usaha kerajinan rumah tangga masyarakat. Sehingga menambah penghasilan ekonomi rumah tangga.

Kepala UPTD Pengelolaan KTM KIMSTRANS Sungai Rambutan-Parit, Rudi Amzar, SP menyambut baik kegiatan ini dan berharap masyarakat dapat menerapkannya sehingga akan muncul sentra produksi produk karet jadi di KTM Sungai Rambutan.

Rudi Amzar juga berharap kegiatan ini jangan berhenti di sini tetapi ditingkatkan untuk bidang lain, misalnya penyediaan air bersih yang alat2nya saat ini sudah ada bantuan dari Jepang tetapi pemanfaatannya belum optimal.

Terpisah salah seorang peserta pelatihan, H Mugni yang juga petani karet menyatakan, setelah mengikuti pelatihan, sangat tertarik untuk membuka usaha bisnis pengelolaan getah karet pekat. Apa lagi melihat manfaat jual harganya yang berlipat dari jika hanya menjual getah karet biasa. Lebih dari itu dapat juga menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat, sehingga dapat membantu pemerintah menanggulangi pengangguran dan dekadensi moral.(*)
laporan : gusti ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.