Kantor Camat Kemuning Rampung, Wako Resmikan

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PEMBANGUNAN Kantor Camat Kemuning, kini sudah rampung. Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo meresmikan gedung yang berlokasi di Jalan Kejawen, Pipa Reja itu, Selasa (7/3).

Sebelumnya, Kantor Camat Kemuning berlokasi di Jalan Angkatan 66, dekat lampu merah. “Karena ada pembangunan fly over, kantornya dipindahkan ke sini,” ujar Harnojoyo, yang saat peresmian didampingi Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda.

Menurut Harnojoyo, peresmian gedung kantor kecamatan ini sebagai upaya agar dapat menumbuhkan suasana baru yang dapat mendorong semangat kerja yang produktif disertai pengabdian kepada masyarakat.

“Betapa pun megahnya kantor kecamatan, tentunya tidak berarti apa-apa, apabila insan-insan didalamnya tidak memiliki disiplin dan mentalitas yang tinggi, dalam menjalankan roda pemerintahan kecamatan,” ujar Harnojoyo.

Ia bersyukur kantor camat sudah rampung dan sudah bisa memberikan pelayanan kepada warga setempat.
“Kita bersyukur, walaupun pelayanan belum sempurna.”

Harnojoyo berpesan kepada pihak kecamatan agar pelayanan publik di gedung megah itu dimaksimalkan kedepannya pelayanan di gedung megah bernuansa putih tersebut lebih maksimal.

“Aparatur pemerintahan kecamatan, kelurahan sampai RW dan RT merupakan ujung tombak dan garda terdepan dari pemerintah daerah dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya berharap dengan adanya gedung baru ini semangat kerja bisa lebih baik dan bekerja cepat dalam melayani masyarakat,” kata Harnojoyo pula.

Sementara, Camat Kemuning, M Irman, menambahkan, sejak adanya proyek pembangunan fly over serta pelebaran jalan protokol, maka kantor lama terkena dampak pembangunan tersebut. Sehingga pusat aktivitas perkantoran pindah di ruko lantai dua di Jalan Pipa Reja.

“Alhamdulillah, bulan Mei 2022 pembangunan gedung baru Kantor Camat Kemuning mulai dibangun dan selesai pada awal 2023. Kita sudah berkantor sekitar 2 minggu lebih. Mengenai konsep dan motif bangunan sendiri seperti biasa pada umumnya perkantoran, namun kita mengedepankan ciri khas kota Palembang dengan membuat corak tanjak di atas bangunan,” Irman menerangkan

Ia menyebutkan, gedung baru kantor Camat Kemuning ini dibangun di atas lahan seluas ± 2.100 m² dengan luas bangunan 950 m², dengan 21 ruangan.

Adapun fasilitas yang dimiliki kantor camat kemuning yang baru, ini di antaranya loket pelayanan terpadu, playground, ruang laktasi, ruang konsultasi PL KB, ruang konseling kader PKK, galeri UMKM, Musala, toilet, loket pelayanan khusus disabilitas, serta lahan parkir yang luas.

“Untuk total dana pembangunan kantor ini sendiri sekitar Rp6,8 miliar dari APBD 2022,” kata Irman. (*)