Hindari Macet, Dishub Sumsel Anjurkan Pemudik Melintasi Jalinteng

PALEMBANG, SuaraSumselNews | KEPALA Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Selatan (Sumsel), Arinarsa menganjurkan masyarakat yang akan mudik menuju atau melewati wilayah Sumatera Selatan menggunakan jalur tengah.

Maksudnya, untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu titik jalur mudik di wilayah tersebut. Dan
Arinarsa mengatakan jalur lintas tengah (Jalinteng) disarankan sebagai jalur alternatif.

Hal ini dikarenakan, saat ini pengguna jalan yang menuju atau melewati wilayah Sumsel kebanyakan lebih senang menggunakan jalan tol.

“Kami menganjurkan melewati jalur lintas tengah dimana saat ini pengguna jalan tidak menggunakan jalur umum lagi, dan lebih menggunakan jalan tol,” kata Arinarsa Senin (25/4).

“Jadi begitu keluar exit tol kita arahkan mereka lewat jalur lintas tengah, yaitu Prabumulih, Muara Enim, Lahat, dan Lubuk Linggau,” lanjutnya.

Arinarsa melaporkan eskalasi pemudik sudah mulai meningkat di wilayah Sumsel. Di tol sendiri, pihaknya telah berkoordinasi dengan penyedia jasa layanan tol untuk menambah pembukaan gerbang untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Pihaknya juga menertibkan pasar tumpah yang ada di beberapa titik dan mengebut perbaikan jalan di beberapa titik jalur mudik, bekerja sama dengan Kementerian PUPR.

“Pengerjaan perbaikan dengan PUPR itu sudah dihentikan H-10. Namun ada beberapa titik yang kondisinya perlu pengerjaan lebih lanjut, namun sudah diantisipasi,” ujarnya.

Wilayah Sumatera Selatan menjadi jalur utama yang kerap digunakan pemudik jalur darat yang akan menuju wilayah-wilayah di Pulau Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan sebagainya.

Arinarsa mengatakan, baru saja dilakukan rapat koordinasi antar beberapa lembaga. Ia berharap mudik 2022 dapat berjalan dengan lancar dan aman, sehingga pemudik sampai ditujuan dengan selamat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *