Gubernur Sumsel Akan Berikan Kemudahan Mudik Lebaran

PALEMBANG, SuaraSumselNews | LAGI, Gubernur Sumsel H Herman Deru akan memberikan   kemudahan bagi  masyarakat yang hendak mudik pada momen hari raya Idul Fitri mendatang  melalui  program Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2023 atau 1444   Hijriah.

Gubernur Sumsel Herman Deru melalui Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumsel Drs H Arinarsa JS, menyebutkan bahwa program mudik gratis  tersebut merupakan program  yang bertujuan memberikan kemudahan fasilitas mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang bermukim disejumlah  Kabupaten/kota dalam Provinsi Sumsel serta sejumlah kota lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Program mudik gratis ini merupakan  inisiasi dari pak Gubernur yang pada tahun sebelumnya juga sudah dijalankan,” tegas Arinarsa Senin kemarin (20/3).

Lanjut Arinarsa, bagi masyarakat yang  berencana mudik  pada momen lebaran  nanti dapat segera mendaftarkan diri  dengan syarat  berdomosili di Sumsel yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), mendafar secara online melalui

https://dishub.sumselprov.go.id atau dapat  menghubungi kontak person 0821- 7711-1490 an. Azmi Habibie dan 0856-6499-8560 an. Andi dan bisa juga datang langsung ke Kantor Dishub Provinsi Sumsel Jalan Kapten A Rivai No.51 Palembang.

“Pendaftaran dimulai 15 April 2023. Sedangkan  pemberangkatan    direncanakan akan dilaksanakan pada 19 April 2023 jam 08.00 WWIB dengan lokasi pemberangkatan terminal Alang-Alang Lebar,” paparanya.

Adapun  rute mudik gratis    lanjut Arinarsa melayani jurusan  untuk jurusan dalam Provinsi Sumsel  meliputi Palembang-Muaraenim-Lahat-Tebing Tingi (1 unit).

Selanjutnya jurusan Palembang — Lahat-Pagar Alam-Dempo (2 unit). Palembang-Musi Banyuasin-Musi Rawas-Lubuk Linggau-Musi Rawas Utara (3 unit). Palembang-Kayu Agung-Belitang-Muara Dua (1 Unit) dan Palembang-Baturaja-Martapura-Muara Dua ( 2 Unit).

Sedangkan untuk jurusan Luar Provinsi meliputi Palembang- Terminal Tirtonadi Jawa Tengah (3 unit). Jurusan Palembang-Padang Sidempuan Sumut (2 unit). Palembang-Bukit Tinggi Sumbar (1 unit) dan jurusan Palembang-Solok-Lubuk Basung Sumbar (1 unit)

“Bus yang kita siapkan merupakan partisipasi dari Bank Sumsel Babel, PT Jasa  Raharja Cabang Palembang, PT Pusri dan PT Bukit Asam Tbk,” jelasnya. (*/mlm)