Gubernur Deru Tepati Janji, Wujudkan Harapan Warga Nantikan Listrik

BANYUASIN, SuaraSumselNews | GUBERNUR Sumsel H. Herman Deru membuktikan tekadnya mewujudkan mimpi warga Desa Kenten Laut, Dusun Saluran, Kabupaten Banyuasin untuk dapat menikmati listrik.
Hanya berselang 6 bulan saja sejak Ia menyambangi Dusun Saluran terakhir (Februari 2023), kini warga Dusun Saluran yang sudah hampir 50 tahun  menanti (Dusun mulai dibuka tahun 1974).akhirnya dapat menikmati fasilitas listrik.

Tak hanya membawa PT.PLN WS2JB melakukan pembangunan jaringan listrik, Gubernur Herman Deru bahkan menggratiskan biaya sambungan listrik baru bagi 60 KK di Dusun Saluran di bulan Kemerdekaan ini.

“Ini adalah bukti konkret Saya mengajak pejabat PLN WS2JB kunker kesini bulan Februari lalu. Hasilnya sekarang kita bisa mewujudkan mimpi masyarakat yang sudah hampir 50 tahun ini mendambakan listrik” jelasnya disambut gembira oleh ratusan warga yang hadir.

Dengan investasi sebesar Rp3,25 miliar oleh PLN kini warga di Kabupaten Banyuasin ini membuat impian warga Dusun Saluran menjadi kenyataan.

“Sama seperti kita, mereka jg punya hak yang sama. Makanya dengan adanya listrik inj, masyarakat  harus lebih kreatif terutama untuk memberdayakan industri kecil dan terpenting untuk keseteraan pendidikan. Jadi  anak-anak dan para pengajar  bisa melakukan kegiatan belajar dan mengajar sama dengan masyarakat di tengah kota,” tambahnya.

Dalam kesempatan peresmian Jaringan Listrik Pedesaan di Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin itu Gubernur Herman Deru juga mengaku terharu. Ia teringat hal serupa saat menjabat Bupati pada tahun 2007. Saat itu menurutnya ada Desa transmigrasi yang hanya berjarak sekitar 12 km dari kantornya tapi puluhan tahun tak tersentuh listrik.

” Waktu itu Saya sempat bersumpah sebelum Saya selesaikan tugas jadi Bupati ini harus menyala. Karena belum ada listrik masuk.desa, kita beli listrik curah. Tiangnya pemkab yang beli,” jelasnya

Menurutnya penyediaan fasilitas listrik ini memang tugas PLN, namun diakuinya PLN tetap perlu dukungan kuat dari Pemkab setempat.

” Sekarang Desa Saluran mimpinya sudah menjadi kenyataan. Insya Allah kedepan anak-anak dapat belajar setara dengan anak di kota denga  listrik, juga internet dan lainnya. Saya minta ini dijaga dan dirawat bersama,” tegasnya.

Sementara itu General Manager Unit Induk Distribusi PT. PLN S2JB Amris Adnan mengatakan, setelah enam bulan lalu berkunjung langsung  bersama Gubernur Herman Deru, hari ini  Minggu (13/8), PLN dan Gubernur Sumsel menepati janji mewujudkan keinginan masyarakat untuk mendapatkan sambungan listrik.

Amris juga berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mendukung pembangunan listrik di Dusun Saluram. Termasuk dukungan warga yang sudah merelakan pepohonannya ditebang demi kelancaran pembangunan jaringan listrik.

Dijelaskannya bahwa jaringan yang terpasang untuk melistriki Dusun Saluran ini menggunakan  Saluran Udara Tegangan Menengah sebesar 4,4 KMS, serta saluran udara tegangan rendah sebesar 8,15 KMS.

“Ada juga kita bangun 3 gardu distribusi dengan total investasi Rp3,25 miliar. Keberhasikan ini tak lepas dari dukungan Gubernur Sumsel yang mau terjun langsung mwlakukan survei bahkan smapai menjelang penyalaan hari ini,” jelasnya.

GM UID S2JB itu bahkan mengapresiasi kegigihan Gubernur Herman Deru demi mewujudkan keinginan warga menikmati listrik. Termasuk upaya Gubernur Herman Deru membayar biaya penyambungan dan uang jaminan langganan (BPUJL) bagi 60 KK di Dusun Saluran.

lebih jauh Amris mengatakan menjelang 4 hari Kemerdekaan RI, negara melalui PLN S2JB, dengan bangga mempersembahkan hadiah kemerdekaan bagi warga Dusun Saluran Banyuasin berupa listrik yang menyala 24 jam.

” Pesan kami gunakanlah listrik ini untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung anak-anak untuk belajar, usaha dan haknnya,” pesan Amris.

Senada diungkapkan Wa9kil Bupati Banyuasin, H. Slamet Soemosentono. Dikatakannya masuknya jaringan listrik ke Dusun Saluran Banyuasin ini tentu sangat membahagiakan warga. Ia pun berharap adanya listrik ini akan semakin menggerakkan perekonomian warga setempat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
Adapun peresmian pemasangan sambungan listrik tersebut ditandai dengan penyalaan MCB, juga sekaligus peresmian lima unit bedah rumah okeh Baznas Provinsi Sumsel dan pemberian bantuan Token listrik pada warga oleh PLN.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumsel M.Yaser, Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Sumsel, Atikah Dewi Anggara, Manager Komunikasi PLN UID S2JB Sendy Rudianto, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.(*)