Upaya Tingkatan Mutu Pelayanan
PALEMBANG, SusraSumselNews | UPAYA meningkatkan mutu pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan (FKRTL) tahun 2020, Elsa Novelia selaku Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan,Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu melakukan kunjungan ke beberapa RS wilayah Palembang.
Kunjungan tersebut terkait kepastian ketersediaan tempat tidur dan sistem antrian elektronik di rumah sakit. Tujuannya untuk memastikan kenyamanan peserta saat dilayani di rumah sakit sesuai indikasi medis.
Kunjungan yang dilakukan, Elsa memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh FKRTL yang menampilkan sistem antrian rumah sakit dan tampilan jumlah ketersediaan tempat tidur. Dan di tempat pendaftaran yang mudah dilihat saat peserta mendaftarkan keluarganya di rumah sakit.
Hal ini mengedepankan transparansi layanan terkait tempat tidur yang kosong di rumah sakit. “Ini merupakan kegiatan yang rutin kami lakukan, untuk memastikan komitmen fasilitas kesehatan dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Bahwa komitmen yang dilakukan bertujuan pada peningkatan mutu dan kualitas layanan kesehatan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS,” jelas Elsa.
Lebih lanjut Elsa mengatakan bahwa selama ini terdapat beberapa peserta yang datang ke rumah sakit. Dan masih kesulitan mengetahui rumah sakit mana yang masih tersedia tempat tidur untuk perawatan bagi keluarga mereka yang sakit. Diharapkan simplikasi aplikasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang sudah diintegrasikan ke aplikasi Mobile JKN menghapus semua kesulitan tersebut.
“Aplikasi tampilan jumlah tempat tidur yang ada di rumah sakit juga telah terkoneksi dengan aplikasi Mobile JKN, jadi peserta juga bisa melihat jumlah ketersediaan kamar cukup dengan Mobile JKN,” tambahnya.
Untuk wilayah Palembang sudah 38 rumah sakit bekerja sama di tahun 202O. Seluruhnya sudah menggunakan antrian elektronik, ketersediaan tempat tidur untuk 37 rumah sakit sudah juga dapat dilihat di aplikasi Mobile JKN.
Nabila selaku Manager JKN RS Hermina mengemukan bahwa aplikasi rumah sakit untuk pendaftaran telah berjalan berjalan dengan baik. Disertai dengan aplikasi ini peserta yang memiliki android bisa daftar secara online dari rumah untuk antrian yang langsung ke Poli.
“Terima kasih kami ucapkan atas kerja sama yang terjalin baik selama ini. Kedepannya kami harapkan akan dapat terjadi kerjasama yang lebih baik lagi khususnya untuk peningkatan layanan peserta JKN-KIS,” tutup Elsa. (*)
laporan ; winarni