Bawaslu OI Targetkan Dua Hari, Ogan Ilir Bersih dari APK Pemilu

INDRALAYA, SuaraSumselNews | Ketua Bawaslu Ogan Ilir, Dwi Alhikmah Wati mengatakan, dalam waktu dua hari kedepan daerah Ogan Ilir wajib kembali bersih dari keberadaan alat peraga kampanye (APK) Pemilu tahun 2024.

Bawaslu Ogan Ilir, bersama TNI, Polri, Polpp, Dishub dan stake holder terkait lainnya, Minggu (11/2/2024) membersihkan APK Pemilu 2024.

Kegiatan ini juga dilakukan oleh pemilik APK para kontestan pemilu pesta demokrasi tahun 2024.

“Lalu APK bekas akan dibawa ke Sekretariat Bawaslu Ogan Ilir sebagai bentuk penertiban,” ujar Dwi Alhikmah Wati kepada awak media.

Lanjut Ketua Banwaslu Ogan Ilir, diperkirakan APK terpasang Pemilu tahun 2024 tidak kurang dari 15.000 APK dari berbagai Parpol dan APK Paslon Presiden dan Paslon Wakil Presiden menghiasi lokasi di sepanjang jalan utama dan tempat-tempat stretegis lainnya di Ogan Ilir.

Sementara itu salah seorang warga Mk (49) mengamati APK pemilu memberikan tanggapan, bentuk APK peserta Pemilu legislatif terkesan ada yang begitu ramah dengan bentuk gambar yang tertawa, senyum hingga menyeramkan.

Dengan berbagai ukuran berbeda, dari yang kecil hingga besar. Dirinya juga mengira-ngira menghitung biaya pemasangan APK, tidaklah sedikit. Dari biaya tenaga kerja, material kayu, paku hingga pembuatan banner.

“Sehingga dari bentuk APK ini tergambar tingkatan kandidat mana yang tergolong mapan bermateri dan yang kurang bernateri,” ujarya.

Sambungnya, kondisi ini seolah-olah menjadi ukuran kandidat mana kelak jadi pemenang pada kontestasi perhelatan demokrasi lima tahunan ini.

Dari pantauan di lapagan, mungkin perhelatan demokrasi selanjutnya ada baiknya KPU dan Bawaslu membuat ketetapan bentuk APK yang ukurannya diseragamkan, lalu menetapkan lokasi mana saja yang boleh di pasang APK Pemilu.

Sehingga dengan demikian tidak semeraut, tidak menganggu kerapian, keamanan dan kenyamanan masyarakat. (Gusti M Ali)