Wawako Sidak Lokasi Penjual Obat di Apotik

Dua Apotik Dinyatakan Baik

PALEMBANG, SuaraSumselNews | DIHARI terakhir masa tugas Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, Drs. Martin Suhendri, Apt., M.Farm, Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda sengaja manfaatkan momen terakhir tersebut dengan meninjau beberapa lokasi pusat penjualan obat (Apotik) di kawasan Jalan Dempo Palembang.

Kata Fitri, bahwa kunjungan yang dilakukan tersebut berkaitan dengan pemantauan keamanan sejumlah obat yang dijual, baik dari kemasan, kadaluarsa ataupun adanya klaim obat yang berlebihan.

“Hari ini ada Apotik Mangga Mulia dan Apotik Dempo yang kita kunjungu, tetapi dari hasil tinjauan kami tidak menemukan obat-obat yang melewati kadaluarsanya,” kata Fitri, Rabu (12/1).

Namun, Wakil Wali Kota Palembang dua periode juga menerangkan, bahwa pihaknya bersama BBPOM menemukan beberapa suplemen yang masa izinnnya sudah melewati batas dan kadaluarsa.

“Memang masih bisa kita lakukan pembinaan, untuk semacam suplemen yang memang masa izinnya sudah lewat dan kadaluarsa,” ujarnya

Masih dikatakan Fitri, pihaknya juga sempat menemukan beberapa obat dengan klaim yang dinilai telah berlebihan atau tidak sewajarnya.
“Padahal kandungan di dalamnya tidak begitu hebat seperti klaimnya. Hal-hal seperti itulah yang saat ini kami temukan. Kita sudah sampaikan dan akan kita adakan pembinaan,” tegasnya.

Disampaikan Fitri, dalam pemantauan yang terus dilakukan kepada seluruh semua apotik yang ada di kota Palembang, dirinya berharap kedepan para apotik yang ada dapat terus menjaga obat-obatannya.

“Teruslah jaga obat-obatnya sehingga tidak melewati masa kadaluarsa dan jangan sampai mengandung hal-hal yang berbahaya. Bahkan takutnya yang mengkonsumsi tadi malahan timbul suatu penyakit,” tutup Fitri. (*)
liputan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *