oleh

Tak Berlaku di Semua Daerah

Daftar Pelaku PPKM Level 4 Sampai 9 Agustus

JAKARTA, SuaraSumselNews | PRESIDEN Joko Widodo mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan diperpanjang sampai Senin (9/8) mendatang. Namun Jokowi juga memastikan, tidak semua daerah akan memberlakukan PPKM Level 4 karena pada dasarnya derajat pembatasan akan disesuaikan dengan asesmen level masing-masing wilayah.

Mengutip Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang menjadi dasar teknis pelaksanaan PPKM Level 4, secara garis besar hampir seluruh wilayah Jawa dan Bali melaksanakan PPKM Level 4, sedangkan di luar Jawa-Bali ada 21 provinsi.

Berikut adalah daftar kabupaten/kota yang melaksanakan PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali, Sumatera Utara: Medan,
Sumatera Barat: Padang, Riau: Pekanbaru. Kepulauan Riau: Batam, Tanjung Pinang. Jambi: Jambi, Sumatera Selatan: Palembang, Lubuklinggau, Musi Banyuasin, Musi Rawas

BACA JUGA:  DPRD Banyuasin Mengapresiasi Hadirnya Gerakan Cinta Rakyat

Kemudian, Bangka Belitung: Bangka Barat, Belitung, Belitung Timur. Bengkulu: Bengkulu, Lampung: Bandar Lampung. Kalimantan Barat: Pontianak,
Kalimantan Utara: Bulungan, Nunukan, Tarakan. Dan Kalimantan Timur: Berau, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara.

Sekanjutnya, Kalimantan Selatan: Banjar Baru, Banjarmasin. Nusa Tenggara Barat: Mataram. Nusa Tenggara Timur: Sikka, Sumba Timur, Kupang. Sulawesi Utara: Bitung, Minahasa, Minahasa Utara.Sulawesi Selatan: Makassar, Tana Toraja. Sulawesi Tengah: Palu, Morowali Utara. Maluku Utara: Halmahera Barat,Papua: Jayapura, Mimika, Merauke.dan Papua Barat: Sorong

Sedangkan untuk Jawa dan Bali sendiri, hanya ada satu wilayah yang menerapkan PPKM Level 4 yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Namun secara garis besar, hampir semua kabupaten/kota lain melaksanakan PPKM Level 3 dan 4.

BACA JUGA:  DPRD Lahat Rapat Paripurna Raperda Perubahan APBD 2021

DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali menjadi provinsi dengan semua wilayah administratifnya berstatus PPKM Level 4. Jawa Timur menjadi penyumbang daerah dengan PPKM Level 4 terbanyak, yakni di 30 kabupaten/kota, termasuk Surabaya, Kabupaten dan Kota Malang, serta Bangkalan.

Sedangkan Jawa Tengah menjadi provinsi dengan catatan daerah PPKM Level 3 terbanyak di Jawa-Bali. Ada 12 kabupaten/kota, yang meliputi antara lain Kudus, Jepara, dan Pati yang sebelumnya sempat “diamuk” COVID-19 dengan lonjakan kasus yang mengerikan.

“Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 3 Agustus 2021,” tutur Mendagri Tito Karnavian dalam beleidnya, dikutip pada Selasa (3/8). “Sampai dengan tanggal 9 Agustus 2021.” (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.