Soal Pendidikan Islam, Kita Butuh Wartawan

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Sekber Wartawan Indonesia yang terdiri dari Prof Dr H Faisal Burlian SH SPd MHum, Doni Hadrakusuma (ketua), dan Bambang Subagio (wakil ketua), menjelaskan akan membantu menyiarkan nilai-nilai pendidikan agama (Islam) ke masyarakat.

“Dalam pengembangan pendidikan agama Islam, peran wartawan sangat strategis untuk membantu program kerja Kementrian Agama. Karena itu kita momitmen untuk membangun kecerdasan masyarakat dalam bidang keagamaan,” ujar Prof H Faisal Burlian di ruang kerja Kabid Pakis Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (18/1/2022).

Menurut Faisal, pendidikan agama sangat strategis untuk mencerdaskan pikiran, batin, dan perasaan. Dengan memahami nilai-nilai keagamaan, katanya, masyarakat akan memahami baik buruknya perilaku di dalam pergaulan hidup sehari-hari.

Ilmu agama, menurut Faisal, sangat relevan untuk memberikan pencerdasan pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. Artinya, tiap nilai yang menjelaskan tentang ilmu dan pengetahuan, akan memperbaiki akhlak manusia. “Karena itu ketika kita menerima pengajaran tentang akhlak, maka sikap manusia akan terfokus untuk selalu berbuat baik. Dari sisi inilah peran pers akan menindaklanjutinya ke masyarakat luas,” ujar Faisal.

Menanggapi pernyataan Faisal, Kabid Pakis Evi Zurviana Azom sepakat untum membuka ruang seluasnya bagi wartawan. Sebab dengan kerja sama yang baik, maka program pemerintah di bidang agama akan mampu membangun masyarakat yang agamis.

“Saya sangat apresiatif dengan kerjasama ini. Nanti kita buat nota kesepakatan kerjasama secara tertulis. Dengan demikian, ketika Kemenag ada program sosialisasi pendidikan keagamaan, wartawan akan bisa langsung mewartakannya,” ujar Evi, tersenyum.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Agama Islam Drs H Iman Suryadi MPd MPDi, mengatakan pihaknya memang membutuh wartawan sejati yang bisa membantu menyosialisasikan program pemerintah di bidang agama.

“Selama ini kita memang mencari wartawan sejati yang memang berfugas memberitakan nilai-nilai yang dibutuhkan masyarakat. Alhamdulillah, hari ini kita kedatangan wartawan-wartawan yang profesional. Ini yang kita butuhkan,” ujar Iman Suryadi menutup perbincangan. (*)

Laporan Asri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar

  1. I have been exploring for a bit for any high-quality articles or blog posts in this sort of area .

    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web
    site. Reading this info So i am satisfied to show that I’ve a very excellent uncanny
    feeling I discovered just what I needed. I most unquestionably will make sure to don?t put out of your mind this website and
    provides it a look regularly. I saw similar here: Najlepszy sklep