Simpang Lima DPRD Sumsel, Pengendara Berhenti Serentak

Saat Detik-detik Proklamasi

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, tentunya semangat nasionalisme seketika langsung terasa di 3 menit momen sikap sempurna. Dan memberi hormat oleh pengendara yang melintas di kawasan Simpang Lima DPRD Sumsel Kota Palembang, Selasa siang itu (17/8)

Hal ini dilakukan dalam rangka Peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang juga diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Dari pantauan di lapangan, tepat dipukul 10.17 WIB setiap pengendara roda dua maupun empat yang melintas di kawasan Simpang Lima DPRD Sumsel Kota Palembang itu diminta untuk mematikan mesin kendaraannya selama 3 menit.

Pengendara lalu diarahkan turun dari kendaraannya untuk kemudian bersama-sama mengambil sikap sempurna seraya memberi hormat.
Dengan diiringi dengan lagu Indonesia Raya yang menggema nyaring dari mobil pengeras suara, seketika suasana penuh hikmat dan nasionalisme amat terasa di detik-detik momen istimewa ini.

“Hari ini kita sama-sama merayakan HUT ke-76 RI. Tema tahun ini adalah Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Hal ini mendeskripsikan mendeskripsikan bahwa kita tetap harus tangguh, tetap harus tumbuh meskipun masih dalam masa pandemi,” ujar Wakapolrestabes Palembang, AKBP Andes Purwanti yang memimpin lmomen peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di kawasan Simpang Lima Gedung DPRD Sumsel di Kota Palembang.

Tak ketinggalan, momen ini juga diikuti oleh aparat gabungan yang terdiri dari sejumlah jajaran Polrestabes Palembang, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, perwakilan instansi lainnya dan sejumlah perwakilan masyarakat.

Bahkan ada diantara mereka yang menggunakan sejumlah kostum menarik diantaranya pakaian adat dan baju veteran sumbar membawa bendera merah putih di tangan.

Andes berharap, masyarakat Indonesia dapat menghayati dan menghargai perjuangan para pejuang dalam melawan penjajah.

“Dan bagi kita yang terlahir di masa kini, kita wajib untuk mempertahankan kemerdekaan yang sudah ada. Kita harus tangguh, misalnya dalam melaksanakan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan di tengah masyarakat. Kita harus percaya bahwa cobaan pandemi ini akan segera berakhir,” ungkap.

Setelah melewati 3 menit, para pengendara dipersilahkan untuk kembali melanjutkan perjalanannya.
Momen ini juga disertai dengan pembagian bendera merah putih serta masker bagi pengendara yang melintas.(tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *