Prakiraan BMKG Curah Hujan Sumsel Meningkat 20 Persen

Khusus Tujuh Wilayah Hingga Maret 2021

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | FENOMENA La nina di Indonesia diprediksi akan berlangsung hingga bulan April 2021 mendatang.

La nina sendiri merupakan fenomena alam yang mana berubahnya suhu rata-rata laut pasifik, yang berdampak dengan berubahnya iklim di indonesia.
Dampak dari La nina sendiri biasanya meningkatnya rata-rata curah hujan di Indonesia. bahkan bisa mencapat 40 persen.

Kondisi seperti ini biasa terjadi di bagian wilayah Timur dan Tengah Indonesia.
Kepala seksi data dan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang, Nandang Pangaribowo, mengatakan saat ini fenomena La nina di Indonesia cenderung positif.

“La nina kondisinya cenderung positif, saat ini masih berlangsung hingga April 2021, diperkirakan puncak La Nina pada bulan Maret nanti,” kata Nandang, Senin (4/1).

Fenomena La Nina sendiri terjadi di wilayah Laut Pasifik bagian tengah dan timur indonesia. Sementara untuk daerah barat Indonesia sendiri tidak terlalu berdampak dari fenomena La Nina tersebut.

“La nina itu terjadi di laut pasifik tengah dan timur indonesia Kalau untuk bagian barat sendiri baik di Pulau Sumatera maupun Jawa tidak telalu berdampak,” lanjutnya.

Namun demikan, tidak terlalu berdampak bukan berarti tidak ada dampak sama sekali.Adapun dampak dari fenomena La Nina di bagian barat indonesia sendiri biasanya dampaknya yakni meningkatnya curah hujan hingga 20 persen.

“Khususnya untuk Pulau Sumatera bagian barat tidak terlalu berdampak. Namun curah hujan bertambah 20 persen, sedangkan untuk wilayah timur dan tengah indonesia itu sendiri naik hingga 40 persen,” kata Nandang.

Bertambahnya 20 persen curah hujan di bagian barat Indonesia, terkhusus di Sumatera Selatan, BMKG pun sudah mendata curah hujan bulanan hingga bulan Maret 2021.

Dikatakan Nandang, walaupun curah hujan naik hingga 20 persen karena dampak dari La nina itu sendiri, potensi curah hujan di Sumsel masih normal.

Walaupun demikian, BMKG pun tetap mengimbau kepada sejumlah daerah di Sumsel agar tetap waspada dengan potensi curah hujan yang tinggi disaat fenomena La nina berlangsung.

“Kemungkinan berdasarkan data curah hujan bulanan sampai bulan maret 2021, potensi curah hujan di Sumsel masih normal.

Namun, tetap waspada khususnya di sejumlah daerah di Sumatera Selatan bagian barat seperti Pagaralam, OKU Selatan, Lahat, Muaraenim, Empat Lawang, Lubuklinggau, dan Musirawas,” kata Nandang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *