Pelatihan Hukum, Hindari Anak dari Kenakalan Remaja

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sanggup membentengi sikap dan perilaku anak muda dari kenakalan remaja.

Maka terkait masalah itu, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kantor Wilayah Sumatera Selatan Kementerian Hukum dan HAM RI, menggelar sosialisasi dan penyuluhan hukum di SMP Negeri 5 Palembang, Selasa (21/3/2023).

Wakil Direktur LBH Palembang Ipan Widodo, mengatakan bahwa untuk memberikan pembinaan hukum, pihaknya siap untuk menyambangi beberapa sekolah.

“Pokoknya, agar remaja memahami nilai-nilai hukum sesuai yang diamanahkan ideologi Pancasila, kami siap menyambangi SD, SMP, hingga ke SMA di Sumatera Selatan,” ujar Ipan Widodo didampingi staf PBH LBH Palembang A Rendi Syabarsyah, Fikriansyah, dan Setri Apriani.

Dengan melatih dan menerapkan nilai-nilai hukum dan pemahaman ideologi Pancasila, kata Ipan, setidaknya para remaja akan terhindar dari sikap barbar dan kenakalan remaja.

Menurut Ipan, pelatihan untuk memahami nilai-nilai hukum tersebut diharapkan dapat memberikan tanbahan materi pelajaran di luar sekolah. “Yah, berkaitan dengan ilmu hukum dan penguatan ideologi Pancasila,” kata Ipan.

Pelatihan hukum dengan tema Mencegah Kenakalan dan Kriminalitas Anak dengan Memahami Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari tersebut, dilaksanakan dari 20 Maret hingga 14 April 2023.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 5 Palembang Nursiah Lelawati MPd menyatakan terima kasinya untuk Yayasan LBH Pakembang dan BPHN Kantor Wilayah Sumatera Selatan Kementerian Hukum dan HAM RI atas program “BPHN Mengasuh”.

“Saya ucapkan terima kasih. Insya Allah, dengan digelarnya pelatihan ini, diharapkan bisa membangun karakter anak-anak remaja,” ujar Nursiah, menutup perbincangan. (*)

Laporan Arfan dan Anto Narasoma