‘Muaraenim Jadi Sister City’

Kerjasama dengan Negara Jepang 

MUARAENIM, SuaraSumselNews- GUNA percepat realisasi pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemerintah Kabupaten Muaraenim  berencana menjalin kerjasama dengan pihak Jepang.

Kepada SuaraSumselNews kemarin, Sekda Muaraenim, Ir H Hasanudin, MSc mengatakan, rencananya Kota Muaraenim jadi pilot project program yang diberi nama ‘sister city’ dalam berbagai bidang pengelolaan seperti perkotaan, pertanian, pendidikan serta teknologi bersama negeri matahari terbit.

Sekda menuturkan, saat ini Pemkab Muaraenim, kembali serius tingkatkan kerjasama dengan negara maju. Misalnya, Jepang utamanya program sister city. Bahkan untuk mewujudkan hal ini, degelasi Kabupaten Muaraenim, yang dipimpin Bupati Muara Enim, H Muzakir Sai Sohar telah bertolak ke Jepang, untuk memulai proses penjajakan kerjasama.

“Program ‘sister city’ dengan Jepang pertama kalinya digarap. Melalui program ini, kita dapat belajar banyak pengembangan kota disana yang tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik Kabupaten Muaraenim,” urai Sekda.

Menurut dia, pendekatan kerja sama dilakukan dengan diawali Memorandum of Understanding (MoU) bersama lembaga dan instansi penting disana. Selanjutnya lembaga tersebut akan menindaklanjuti dan menggali sejumlah potensi daerah yang bisa dikerjasamakan dengan pihak Jepang.

“Kerja samanya meliputi berbagai bidang. Mulai dari perkotaan, pendidikan, pertanian dan yang tak kalah pentingnya,teknologi. Melalui program ini Pemkab sekaligus juga ingin meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM),” paparnya.

Untuk diketahui, ‘sister city’ merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah yang ada di Indonesia dengan pemerintahan di luar negeri.Tujuannya, menumbuh kembangkan hubungan persahabatan saling menguntungkan antara kedua negara.

Konsepnya pertama kali sudah diterapkan sejumlah negara di kawasan Eropa yang seiring perkembangannya muncul pula istilah lain yang sebut dengan Twin City atau Kota Kembar. Dan
sister city sendiri juga ada di Indonesia. Adapun konsep sister city di Indonesia, lebih menekankan pembangunan bidang ekonomi, pendidikan dan budaya.

Di Indonesia cukup banyak menerapkan skema kerja sama ‘sister city’. Adapun Kerja sama yang ditawarkan tersebut dilengkapi program kegiatan yang sifatnya tetap dan terencana. (*)

laporan : agung purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *