KPU Lahat Gelar Rakor Persiapan Kampanye dan Rapat Umum

LAHAT, SuaraSumselNews | KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kampanye pemilu rapat umum dan iklan kampanye di media masa, Jum’at kemarin (19/1) di Ruang rapat Hotel Santika Lahat.

Rapat di hadiri, Komisioner KPU Lahat Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Eva Metriani, anggota KPU Lahat Komisioner KPU Lahat Divisi Hukum dan Pengawasan Thomzon, Kasat Intel Polres Lahat AKP Mulyono, Kasubsi Intel Kejari Lahat Noval Amika Nugraha serta perwakilan Partai peserta Pemilu.

Dijelaskan Thomzon Komisioner KPU Lahat Divisi Hukum dan Pengawasan bahwa pembahasan yang dilakukan ini sangat penting karena ini menyangkut pelaksanaan di lapangan.

“Kami sebagai penyelenggara Pemilu merasa wajib bersama sama para peserta Pemilu membahas pelaksanaan kampanye pemilu,” jelasnya.

Selanjutnya Komisioner KPU Lahat Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Eva Metriani, menerangkan bahwa terkait iklan kampanye di media massa dan kampanye rapat umum mempunyai dasar hukum. Antara lain Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 dan Keputusan KPU Nomor 1621.

Iklan kampanye Pemilu dapat dilakukan oleh peserta pemilu di media massa cetak, dan media daring, media sosial, dan lembaga penyiaran dalam bentuk iklan komersial dan/atau iklan layanan untuk masyarakat.

Batas maksimum pemasangan iklan kampanye Pemilu di Lembaga Penyiaran secara kumulatif sebanyak 10 spot berdurasi paling lama 30 detik untuk setiap stasiun televisi setiap hari untuk iklan di televisi dan 10 spot berdurasi paling lama 60 detik untuk setiap stasiun radio setiap Hari untuk iklan di radio.

Fasilitasi iklan kampanye oleh KPU yaitu KPU dapat memfasilitasi penayangan iklan Kampanye Pemilu dalam bentuk iklan komersial atau iklan layanan masyarakat pada media massa cetak. Media massa elektronik, dan/atau media daring.

Bahwa fasilitas iklan kampanye oleh KPU, seperti biaya pembuatan desain dan materi iklan Kampanye Pemilu ditanggung oleh Peserta Pemilu. Penyerahan desain dan materi iklan Kampanye Pemilu kepada KPU dilakukan paling lambat 5 gari sebelum penayangan iklan Kampanye Pemilu. KPU memberikan kesempatan dan alokasi waktu yang sama kepada Peserta Pemilu.

Sementara kampanye rapat umum telah diatur di dalam ketentuan Pasal 26 ayat (1) huruf g, Kampanye Pemilu dapat dilakukan melalui metode Rapat Umum. Ketentuan Pasal 46, Peserta Pemilu dapat melakukan rapat umum di lapangan, stadion, alun- alun, atau tempat terbuka lainnya.

Dan dengan memperhatikan daya tampung tempat dilaksanakannya rapat umum. Rapat umum dimulai pukul 09.00 dan berakhir paling lambat pukul 18.00 waktu setempat dengan menghormati Hari dan waktu ibadah di daerah setempat.

Peserta kampanye pemilu rapat umum yang menggunakan kendaraan bermotor secara rombongan atau konvoi, dalam keberangkatan dan kepulangannya dilarang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai lalu lintas. (*)