Korban Pasar Cinde Terima Bantuan dari Gubernur Deru

PALEMBANG, SuaraSumselNews | GUBERNUR Sumsel, H Herman Deru seerahkan bantuan modal kepada para pedagang korban kebakaran di Pasar Cinde Palembang, di halaman Kantor Dinas Perdagangan Prov Sumsel berdamaan pembukaan Pasar Murah, Kamis (22/12)

Gubernur Herman Deru melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan SA Supriono mengatakan, kita melaksanakan niatan dari gubernur untuk memberikan bantuan modal kepada para pedagang yang terkena dampak kebakaran terjadi pada Minggu (27/11) yang lalu,” ujarnya.

Supriono mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memprioritaskan agar segera dilakukan renovasi terhadap lapak-lapak yang terbakar. Juga dapat memberikan bantuan modal pada pedagang sehingga dapat berdagang kembali.

Bahwa kebakaran yang terjadi pada Minggu malam itu, menghanguskan satu blok yang berisi 31 pedagang yang sehari-hari beraktivitas untuk mencari nafkah dan melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum. Dan kalau itu para pedagang alami kerugian yang disebabkan oleh stok barang dagangan peralatan serta barang lainnya terbakar,” ungkapnya

“Tentu Bapak ibu sekalian bingung bagaimana cara untuk mulai kembali aktivitas perdagangan tersebut. Karena harus mempersiapkan semuanya mulai dari awal lagi. Dalam membantu dan meringankan kerugian, Pemprov Sumsel melalui dana bantuan dana (BTT) biaya tak terduga telah menetapkan untuk anggaran bagi 31 pedagang dengan totalnya anggaran sebesar Rp,391.000.000,- dan disalurkan pada hari ini ,” terang Supriono.

Ditambahkan, tahun 2023 kami akan merenovasi sebaik mungkin sehingga pedagang nyaman untuk beraktivitas. Tidak seperti sekarang kalaupun hari ini atau besok akan dilakukan renovasi kami memberikan bantuan swadana atau kelola dengan PD Pasar dan itu dikerjakan bersama-sama. Anggaran dari Pemprov sebesar Rp, 200.000.000,- akan disalurkan melalui asosiasi pedagang.

Sedangkan, renovasi secara keseluruhan telah dianggarkan pada APBD Tahun Anggaran 2023. Dan nanti para pedagang nyaman walaupun Pasar Cinde belum selesai,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Ahmad Rizali menjelaskan,
keputusan gubernur tentang bantuan modal bagi pedagang Pasar Cinde korban kebakaran itu Dari arahan gubernur, kami telah melakukan verifikasi yang dilaksanakan BPKAD dengan Dinas Perdagangan dan PD Pasar Palembang Jaya terhadap para pedagang korban kebakaran ini,” kata Rizali.

” Makanya, didapatkan 31 pedagang yang berhak mendapatkan bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan dengan jumlah yang bervariasi sesuai dengan modal mereka yang terbakar. Sehingga jumlah total anggaran seluruhnya sebesar Rp,391.000.000,- Anggaran ini diambilkan dari anggaran BTT APBD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022,” jelasnya.

Tambah Rizali, kami laporkan juga kepada gubernur bahwa bantuan modal untuk pedagang ini akan segera disalurkan melalui rekening mereka masing-masing dan tepat sasaran,” urainya.(*)