Khatam Al-Quran Masjid Jami’

Kegiatannya Dilakukan Setiap Tahun

PALEMBANG, SuaraSumselNews- PENGURUS Masjid Jami’ Al-Hijrah adakan Tadarusan Khatam Al Qu’ran, Sabtu malam kemarin (9/6). Utamanya bagi warga Jalan Gotong Royong Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat  I (IB-I) Kota Palembang.

Panitia pelaksana Gani Asmadi mengatakan, acara tadarusan seperti ini dimulai sejak tahun 2000. Dan kegiatannya dilakukan setiap tahun secara rutin. Dan biasanya dilakukan pada malam ke 20 ramadhan. ‘’Kita membacakan Al Quran secara bersama-sama, lalu bergilir hingga khatam,’’ jelas Gani kepada media ini, kemarin.

Kata Gani dengan kegiatan seperti ini, diharapkan para remaja sebagai generasi penerus akan lebih dinamis dalam berlajar dan membaca Al Quran. Karena saat acara tadarusan ini, kita lihat banyak kaum ibu-ibu dan bapak-bapak saja yang sempat hadir,” urainya.

Dan lagi yang sangat menggembirakan, tambah Gani, tampak hadir sejumlah qori pada malam ini. Ya sedikitnya sebanyak 13 orang. Dan juga hadir, Camat Ilir Barat I, Asnawi,” ujarnya.

Salah seorang qori yang bernama Kornel menambahkan, merasa bangga dan senang diadakannya acara Tadarusan Khatam Al Qur’an ini. Karena menjaga kemakmuran masjid. Buktinya, malam ini, nasi tumpeng pada tahun kemarin hanya ada 21 nampang. Nah, pada malam ini 32 nasi tumpeng untuk menghatamkan Al Qur’an.

Untuk menghatamkan Al Qur’an butuh waktu selama 20 hari. Selama 20 hari kita mengundang ustadz dari luar 75% dengan memberikan uang transport Rp 300. Dan setiap imam dan 25% dari pemuka agama. Yang di selenggarakan satu periode selama 3 tahun. Dan kegiatan ini juga di bantu oleh para remaja dan ibu-ibu pengurus masjid. (*)

laporan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.