FJMM Gelar Diskusi Liputan Asian Games

Jurnalis Lokal Banyak Interaksinya

PALEMBANG, SuaraSumselNews – FORUM Jurnalis Musi Mengalir (FJMM) menggelar diskusi dan peliputan Asian Games. Dengan tema ‘Apa Hanya Tentang Medali Emas’. Acaranya dilaksanakan di Rumah Sriksetra, Selasa kemarin (14/8).

Narasumber, Dosen UIN Raden Fatah, Yen Rizal mengatakan, diskusi kali ini amat penting. Mengingat Asian Games adalah momen internasional yang membawa nama Indonesia.

“Teman-teman jurnalis yang mempromosikan Asian Games, tidak hanya medali. Namun juga dari berbagai aspek diluar pertandingan. Pastinya, jurnalis lokal yang banyak interaksi dengan atlit, official dan jurnalis luar negeri. Artinya, jurnalis lokal sebagai penyambung berita dan pembawa nama baik bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, melalui diskusi ini, dapat dilihat dari sisi positif bagaimana menyampaikannya pada masyarakat. “Kita berharap dari sisi lain Asian Games, diangkat soal sampah dan UMKM. Termasuk, kenyamanan yang mungkin tak menjadi perhatian panitia. Dan diskusi ini diharapkan sisi positif Asian Games dapat di promosikan,” bebernya.

Dijelaskan, jika merujuk sejarahnya, Palembang pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Tentunya, menjadi wilayah yang ingin dikunjungi dan didiami oleh berbagai suku bangsa di Asia. Inipula yang menjadikan inspirasi dalam melihat Asian Games di Kota Palembang.

Karenanya, pesta olahraga ini hendaknya bukan hanya tentang olahraga, namun juga dilihat dari unsur lainnya. Misalnya, masalah budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, lingkungan, seni tradisi dan lainnya.

Narasumber lainnya, Eksternal Regional OKI Pulp Dadang Hartawan menambahkan, sebagai salah satu perusahaan di Sumsel memiliki komitmen agar Asian Games lebih sukses. Salah satunya, kumpulkan jurnalis untuk menyatukan visi dan misi berjuang untuk mensukseskan Asian Games.

“Sudah banyak yang kita lakukan menjelang Asian Games. Diantaranya, membangun infrastruktur dan mengatasi Karhutla.  Sehingga Asian Games sukses.  Apalagi event Asian Games ini event langka,” kilahnya.

Apalagi lanjut Dadang,  Asian Games adalah tolak ukur untuk menggelar event lebih besar lain, misalnya olimpiade. “Media ini menjadi lini terdepan dalam memberikan informasi kepada publik. Sumber-sumber informasi yang dibuat akan mendunia,” paparnya.

Juga wartawan Senior, Maspril menambahkan, diskusi ini sangat penting. Asian Games merupakan liputan olahraga multi event,  sehingga lebih beragam isu yang bisa diangkat. “Selama ini informasi yang dimuat adalah skor menang dan kalah. Melalui diskusi ini bukan hanya liputan pertandingan, namun juga kegiatan Asian Games yang memberikan nilai tambah untuk Sumsel. Perluas perspektif, tidak hanya pertandingan tapi juga teman-teman jurnalis bisa ekspose luar lapangan,’’ harapnya. (*)

liputan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *