Dinsos Salurkan Sembako, Bagi Warga Kurang Mampu

Saat Ini Lagi Pendataan Penerima

PALEMBANG, SuaraSumsel News | MEWABAHNYA penyebaran virus Covid — 19 tentu berdampak pada kehidupan masyarakat. Utamanya warga menengah kebawah. Oleh sebab itu, Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel siap membantu masyarakat dengan program pembagian sembako.

Penegasan itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah kepada media ini, Kamis (2/4).

Kata Mirwansyah, pemerintah telah membuat kebijakan larangan berkumpul, dan keluar rumah untuk mencegah penyebaran Covid -19. Sehingga hal itu akan berdampak bagi masyarakat menengah kebawah untuk mencari makan. Misalnya, tukang ojek, buruh panggul, taksi, dan penjual makanan. Jadi dampak Covid 19 ini jelas dirasakan mereka bekerja mencari uang, untuk makan setiap harinya.

“Mereka tentu tedampak dari masalah Vovid 19 ini. Karena pendapatannya berkurang. Jangan sampai masalah Covid 19 ini mengganggu masalah ekonomi masyarakat. Gubernur menginginkan dampak ini harus segera diurus,” ujarnya.

Dia menuturkan, penerima sembako ini didata dalam base data terpadu. “Kita tidak tahu virus ini sampai kapan. Namun sudah pasti, ada dampak langsung dari virus Covid 19 ini, karena akan berakibat dengan munculnya penduduk hampir miskin,” bebernya.

Untuk pendataan penerima sembako ini, lanjut Mirwansyah, didata oleh tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK) dan RT.
“Pendataannya dari 30 Maret sampai tanggal 6 April. Tapi ada kemungkinan diperpanjang lagi, ” tambahnya.

Mirwansyah mengungkapkan, di Sumsel diperkirakan ada sekitar 9,8 persen masyarakat dari total jumlah penduduk di Sumsel yang terdampak dari masalah Covid 19. “Jika dihitung ada sekitar 100 ribu orang hampir miskin, akibat dari Covid 19 ini, ” bebernya.

Bantuan yang diberikan nanti, sambung Mirwansyah, adalah berupa sembako. Dengan nominal jika dihitung nilai bantuannya sekitar Rp 200 ribu per paket.

“Kita harap bantuan ini jangan sampai salah sasaran. Kepada yang mampu janganlah meminta bantuan ini. Karena banyak yang tidak mampu yang berhak menerima bantuan ini. Kita pastikan bantuan sembako ini disalurkan bulan ini, sesuai intruksi Gubernur, ” kilahnya. (“)

reporter ; winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *