Deru Bagi Trik Jitu Pengembangan Potensi Diri Kepada Kaum Milenial

PALEMBANG, SuaraSumselNews | GUBERNUR Sumsel H Herman Deru memberikan sejumlah tips kepada kaum milenial, saat menutup Palembang In Fest di Utopia Collaboration Space Palembang, Minggu kemarin (26/2).

Salah satunya yakni tips agar kaum milenial dapat terus produktif di tengah ketatnya persaingan saat ini.

“Setiap orang itu punya potensi, namun tidak semua bisa mengetahui bakat apa di dirinya. Sebab itulah, langkah pertama adalah memulai dan berfikir untuk menggali potensi dan menggapai cita-cita yang diinginkan,” kata Herman Deru.

Bahkan, Herman Deru mengingatkan agar generasi muda tidak takut untuk mencoba hal-hal baru sehingga sehingga potensi tersebut bisa tumbuh.

“Potensi ini kita kita sendiri yang tahu. Jangan takut untuk mencoba hal baru, namun tentunya hal itu harus dengan perhitungan yang tepat sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjutnya, setiap persoalan yang mungkin akan timbul akan bisa terselesaikan dengan baik.
“Mulailah sesuatu lebih awal. Fokus pada hal yang memang disukai. Setiao permasalah tentu bisa saja muncul tanpa diduga. Namun kita harus jeli cara mengatasinya, diagnosa permasalah itu dengan baik sehingga hasilnya bisa menjadi acuan kedepannya,” terangnya.

Dia menilai, saat ini banyak minat dan bakat generasi muda memang sudah tak bisa diragukan. Para kaum milenial tersebut terus memanfaatkan kesempatan, termasuk memanfaatkan hobinya sebagai sumber penghasilan.

“Saya sangat bangga karena memang milenial saat ini bisa memanfaatkan peluang, sehingga minat dan bakat itu bisa menjadi lahan penghasilan. Saya harapkan ini terus ditingkatkan. Apalagi ditengah kemajuan teknologi saat ini, sehingha kita dapat terus bersaing,” paparnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar generasi muda terus menebar energi positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.

“Seperti halnya cara menyampaikan sesuatu. Ini harus dimanajemen dengan baik artikulasi, intonasi dan redaksi yang akan di sampaikan, buat semuanya mengalir sehingga yang kita sampaikan bernilai positif,” lanjutnya.

Dikesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga mengapresiasi langkah cerdas yang dilakukan akun media sosial “Palembang Info” yang telah memberi wadah bagi para kaum milenial di Sumsel melalui kegiatan tersebut.

“Sebagai orang tua, saya sangat bangga dengan inisiasi semacam ini, sehingga menjadi wadah bagi generasi muda dalam menyalurkan minat dan bakatnya. Mudah-mudahan ini dapat menjadi potensi besar bagi milenial,” imbuhnya.

Diketahu, berbagai kegiatan digelar pada Palembang In Fest tersebut seperti lomba mewarnai, lomba makan pempek, dan lomba fotografi. Tidak hanya itu, digelar juga talkshow pada event tersebut dengan berbagai tema seperti Kelas Bisnis, Public Speaking, Branding, dan Animasi. Dimana salah satu tema talkshow diisi oleh Gubernur Herman Deru sebagai narasumber.

“Kegiatan ini dalam rangka HUT Palembang Info ke 8. Dalam kegiatan ini, kita bekerjasama dengan berbagai pelaku usaha dan berbagai komunitas. Ini upaya kita untuk berbagi pengalaman agar potensi diri dapat lebih berkembang,” kata Founder Palembang Info Ridwan Edo.

Edo yang juga ketua Forum Admin Media Sosial (Fams) Sumsel tersebut berharap, kedepannya kegiatan tersebut dapat diikuti berbagai pihak lainnya khususnya kaum milenial.

“Kita harapkan nantinya rekan milenial yang lain dapat turut berkolaborasi sehingga kegiatan seperti ini dapat membawa manfaat yang lebih besar,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sumsel Alfarenzi Panggarbesi dan Muhammad Yaser, Koordinator ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani, CEO Utopia Collaboration Space Agung Rizki Darmawan, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.(*)