Charma : Rezeki Dalu Gencar Kita Lakukan

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat, harus dimulai dari pemerintah, masyarakat itu sendiri, serta ditujukan ke masyarakat kurang mampu.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GENCAR Indonesia Charma Aprianto, mengatakan banyak cara untuk mengatasi kesulitan masyarakat di bidang pangan.

“Makanya, sejak DPP GENCAR Indonesia didirikan tahun 2020 lalu, kami sudah banyak melakukan pendekatan ke masyarakat kurang mampu,” ujar Charma Aprianto, saat dibincangi media ini di ruang kerjanya, Sabtu (21/1/2023).

Terkait persoalan itu, kata Charma, program Giat Peduli Berbagi yang digelar DPP GENCAR Indonesia sejak tahun 2020, sudah diluncurkan sejumlah kecamatan di Kota Palembang.

Program peduli berbagi rezeki itu dilakukan Charma dan kawan-kawan pada malam hari ketika masyarakat berpikir untuk mencari rezeki esok harinya. “Dengan kehadiran kita membawa rezeki, warga sangat bersyukur,” ujarnya.

Menurut Charma, untuk menakar kepentingan warga, perlu dirasakan secara manusiawi dari dirinya sendiri. Andaikan masyarakat kesulitan untuk menghadirkan kebutuhan pangan, Charma juga merasakan itu. Hingga saat ini, kata Charma, Gerakan Berbagi Rezeki itu sudah dilakukan secara merata di 18 kecamatan se-Kota Palembang.

Karena itu DPP GENCAR Indonesia yang dimotori dirinya sendiri diam-diam mendatangi warga untuk diberikan beras dan kebutuhan sembako lainnya. “Ini penting agar warga tidak kesulitan dibebani kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Charma.

Terkait soal itu, katanya, Charma pernah merasakan kesulitan seperti yang dialami masyarakat tidak mampu. Karena itu dengan semangat yang tak pernah mati, dengan sigap Charma mendatangi warga di berbagai kecamatan untuk berbagi rezeki pada dalu hari.

Gerakan Rezeki Dalu yang diluncurkan DPP GENCAR Indonesia telah menginspirasi banyak pihak termasuk Pemerintah Kota Palembang sendiri.

“Bagi saya, berbagi rezeki bukan suatu kebanggaan, tapi satu keharusan. Sesuai kebutuhan hidup manusia, saling memberi itu memberikan kebahagiaan tersendiri di hati saya,” ucap Charma.

Bagi dia, jika masyarakat kurang mampu menangisi ketidakmampuannya yang membebani kehidupan sehari-harinya, Charma juga ikut menangis.

“Entah secara tak langsung saya jadi ikut menangis jika ada warga yang menangis karena kesulitan hidupnya,” tukas Charma dengan daya ucap terbata-bata karena menahan haru.

Gerakan Rezeki Dalu itu, kata dia, akan terus digulirkan di sepanjang kemampuannya untuk membantu warga kurang mampu. “Tunggu kehadiran kami,” ujarnya menutup pembicaraan. (*)

Laporan Anto Narasoma