Bupati Tinjau Ruang Isolasi

Para Medis Terminal Batai Kabupaten Lahat

 

LAHAT, SuaraSumselNews | BUPATI Lahat, Cik Ujang bersama rombongan adakan peninjauan ruang isolasi serta ruang istrirahat para medis di Terminal Batai Kabupaten Lahat, Jumat kemarin (8/5).

Peninjauan Bupati Lahat kali ini dalam upaya pemantauan kesiapan Kabupaten Lahat dalam menyiapkan tempat isolasi korban Covid-19. Maksudnya, kesiapan tersebut sebagai ruanggan isolasi 21 kemungkinan darurat. ‘’Pemkab Lahat akan menambah tempat untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19 non bencana,’’ terang Cik Ujang.

Dari hasil pantauan Bupati Lahat ini, bahwa ruang isolasi diupayakan maksimal dan mampu tanggulangi membludaknya pasien. Mohon maaf janggan sampai terjadi di Kabupaten Lahat. Upaya ini  adalah langkah cepat tanggap situasi darurat,’’ tegasnya.

Untuk menghindari penyebaran Covid-19 lebih dahsat, bupati menghimbau untuk semua warga hendaknya taat dengan protokol kesehatan. Maksudnya, warga Lahat menggunakan masker, janggan bergerombol, jaga jarak, cuci tanggan, makan makanan yang sehat dengan maksud untuk memutus matarantai penyebaran Virus Covid-19.

Sementara, Erlinda Direktur RSUD Lahat mengatakan bahwa semua persiapan ruang isolasi telah dipantau. Tujuannya untuk warga yang mempunyai gejala seperti kemungkinan yang terburuk. Karena, bila orang mengalami demam, maka masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP). Jika kemudian gejala klinis tersebut berkembang menjadi demam, batuk, pilek dan nyeri tenggorokan akan langsung dijadikan pasien dalam pengawasan (PDP).

Jika PDP ini memiliki riwayat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka statusnya akan dinaikan menjadi suspect. Nah ruanggan isolasi dibatasi hanya menanggulangi pasien-pasien yang disebutkan tadi, semoga Lahat terbebas Covid-19.

Kunjungan Bupati Lahat Cik Ujang ini, juga didampingi Direktur RS Umum Kabupaten Lahat Erlinda Limra Naufan, ST,MT, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Lahat, Kabag  Protokol Abdul Rauf S.Stp. M. Si. (*)

laporan : agung purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *