Bunda PAUD Buka Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Lahat

LAHAT, SuaraSumselNews | BUNDA PAUD yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati S.Hut membuka kegiatan sosialisasi sekolah ramah anak, bertempat di hHotel Bukit Serelo, Rabu (16/3).

Hadir dalam kegiatan Ketua GOW Hj Sumiati Haryanto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs H. Suherdin MM di wakili Sekretaris Drs Mujahidin, para peserta sosialisasi dan nara sumber.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat yang diwakili Sekretaris Drs Mujahidin mengatakan, pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab bersama orang tua, masyakat dan negara. Sukses tidaknya anak di sekolah di pengaruhi berbagai faktor. Salah satu nya lingkungan di sekolah.

“Dan apa lagi, di sekolah sering terjadi tindak kekerasan oleh guru dan peserta didik juga berpotensi berbuat kekerasan seperti bully”.

Katanya, dilatar belakangi dari itu dalam mewujudkan Kabupaten Lahat Layak Anak (KLA) perlu mendapat perhatian dan dukungan pemerintah. Utamanya untuk membentuk sekolah ramah anak . adalah sekolah satuan pendidikan yang formal,non formal, informal yang bersih dan sehat peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

“Juga mampu menjamin memenuhi menghargai hak hak anak. Dan perlindungan anak dari diskriminasi dan perlakuan salah lainnya .Serta mendukung partisipasi anak, terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan Dan mekanisme pengaduan terkait anak pemenuhan perlindungan anak dilingkungan pendidikan”, katanya .

Bahwa sasaran kegiatan 162 orang utusan dengan tujuan membekali pendidik dan tenaga pendidikan. Juga mengaplikasikan pendidikan sekolah ramah anak di satuan pendidikan di lokasi masing masing ,ursinya..

Sementara Bunda PAUD Kabupaten Lahat Lidyawati S.Hut membuka sosialisasi. Dan katanya, hari ini kita bersama dalam rangka kegiatan sosialisasi sekolah ramah anak dalam upaya mendukung terwujudnya Kabupaten Lahat menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) di Tahun 2022 ini.

Anak adalah cikal bakal generasi penerus bangsa, keberhasilan mendidik anak menjadi indikator keberhasilan di masa mendatang. Setelah anak usia sekolah untuk menimba ilmu, dan untuk mendukung keberhasilan belajar anak di sekolah, bapak/ ibu harus memperhatikan keamanan anak saat belajar.

“Sekolah ramah anak memiliki beberapa tujuan antara lain mencegah kekerasan terhadap anak. Semua sekolah menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik akrab dan berkualitas. Dengan kebiasaan yang bersifat positif. Termasuk pendidikan karakter mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan oleh prasarana maupun bencana alam.

dan anak mempunyai wajah untuk mengekspresikan kemampuan bakat serta minatnya,” kata Bunda PAUD kabupaten Lahat. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *