Batik Desain Lahat Mampu Bersaing Tingkat Nasional

TP PKK dan Wabup Haryanto Buka Festival Batik Khas Lahat

 

LAHAT, SuaraSumselNews | KETUA TP – PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang S.H, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Lahat H.Haryanto SE MM membuka perancang batik khas Lahat yang dipusatkan di Gedung Kesenian Lahat, Selasa (8/12).

Wabup Lahat H.Haryanto SE MM mengatakan, batik di Indonesia sudah terkenal dikancah dunia. Bahkan telah diakui oleh UNESCO. Melalui festival batik di Kabupaten Lahat diharapkan akan muncul batik khas Lahat yang mempunyai ciri khas dan budaya tersendiri.

“Hari ini (Selasa) kita mengadakan festival batik dengan menampilkan hasil karya dari seluruh Kecamatan. Saya berharap hasil karya kita ini bisa digunakan bahkan dikenal,” ungkap Haryanto saat membuka perancang busana dan peragaan muslim Casual Batik Khas Lahat.

Sambung Wabup Lahat, perlu diketahui budaya dan adat perlu dilestarikan. Bila perlu dalam membuat karya batik diharuskan juga budaya dan adat khas Kabupaten Lahat ditonjolkan. Maksudnya agar batik Lahat ini mempunyai ciri khas tersendiri.

“Sangat perlu batik ini, setidaknya apabila sudah ada Batik khas Lahat, kita bisa bersaing di tingkat Provinsi dan Nasional,” ujar Haryanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lahat H Safrani Cikmin SH menambahkan, peserta festival batik dan busana Lahat ini terdiri dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Lahat. Dengan menampilkan busana batik Lahat sebagai hasil karya seni lokal.  “Acara ini, bertujuan untuk membuka peluang desain Lahat dan memperkenalkan batik Lahat,” harap mantan Sekwan Lahat ini. (*)
laporan : agung purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.