Bastari: HUT Palembang, Progres Pembangun untuk Rakyat

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Carnaval mobil hias HUT Kota Palembang ke 1340 tahun, diilustrasi 18 mobil yang dihias beragam corak.

Dari corak hiasan, menjelaskan berbagai prestasi pembangunan yang dicapai Pemerintah Kota Palembang.

Walikota Palembang H Harnojoyo, mengatakan bahwa program pembangunan jalan di tahun 2022, mencapai target 112, 27 persen.

“Target itu kita kejar agar tepat sasaran, sehingga nilai pencapaian kita raih 112,27 persen,” ujar Harnojoyo melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir H Ahmad Bastari MT IPM ASEAN-Eng, Minggu (17/6/2023).

Menurut Bastari, progres pembangunan jalan dilakukan untuk tujuan ke depan. Sebab, katanya, perkembangan kota membutuhkan jalan yang progresif, sehingga seiring dengan perkembangan yang terjadi, tentu dapat bermanfaat bagi pengguna jalan.

“Meski demikian, memang ada kondisi jalan yang belum terbangun sesuai harapan. Namun jika pusat masalah sudah selesai dibangun, maka kualitas jalan itu segera kita tingkatkan,” ujar Bastari.

Menurut Bastari, tak hanya jalan, PUPR juga melaksanakan program pengelolaan dan pengembangan sistem air minum.

Pengelolaan sistem air minum ini, katanya, dilakukan sesuai target yang ditetapkan. Sebab seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, maka target itu terus dikejar, sehingga penduduk yang merasakan akses air minum mencapai 85,37 persen.

“Saya gambira sekali telah memenuhi target yang ditetapkan. Namun meski demikian kita akan terus mengembangkan progres pencapaian yang kita raih,” jelas Bastari.

Sedangkan program pengelolaan sumber daya air pengembangan sistem drainase, katanya, pada target tahun 2022, sudah terealisasi mencapai 84,8 persen.

Selain program pembangunan jalan, pengelolaan air minum dan drainase, di tahun 2022 pemerintah juga melakukan penataan gedung yang memiliki IMB, terealisasi dari 17, 6 persen menjadi 25, 9 persen atau 147,11 persen.

“Masih banyak proses pembangunan lainnya seperti pengembangan jasa konstruksi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Saya senang sekali, karena semua program yang kita lakukan ditujukan untuk masyarakat Kota Palembang. Selamat dan sukses,” ujar Bastari menutup perbincangan. (*)

Laporan Anto Narasoma