Anis Saggaff: Daya Tampung Unsri Jalur USMB 2.307 Mahasiswa

Unsri Gandeng 12 PTS Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) Unsri tahun 2022 tahun 2022 diikuti 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumsel. Link pendaftaran USMB https://usmb.unsri.ac.id/.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN.Eng mengatakan, hari ini pihaknya melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur USMB. Sudah 5 tahun Unsri bersama mitra PTS melaksanakan USM Bersama. “Tujuannya adalah untuk kebersamaan, apalagi kita memiliki satu tujuan mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Melalui USMB ini kita ingin meringankan beban orang tua, karena dengan cukup sekali bayar, anak-anak bisa ikut USMB ini, ” ujarnya saat konfrensi pers, Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut Anis menuturkan, tahun ini ada penambahan satu PTS yang ikut dalam USMB yakni Universitas Musi Rawas. Tahun sebelumnya ada 11 PTS. Untuk 12 PTS yang ikut USMB Unsri tahun ini adalah Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Katolik Musi Charitas, Universitas MDP, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Musi Rawas, Universitas PGRI Palembang, Universitas Tri Dinanti Palembang, Universitas Sumatera Selatan, Universitas Taman Siswa, Universitas Candradimuka, Universitas Mulia Darma Pratama.

“Ujian dilaksanakan di Palembang,” ucapnya.

Anis menjelaskan, pendaftaran program sarjana (S1) pada 29 April sampai 30 Juni 2022. Untuk UTBK USMB gelombang pertama pada 4-7 Juli, UTBK gelombang kedua 11-12 Juli dan penguuman 14 Juli 2022.

“Sementara, pendaftaran Diploma D3 dan Alih Program yakni 29 April sampai 18 Juli 2022, ujian 19 Juli dan pengumuman D3 dan Alih Program 21 Juli 2022. Untuk daya tampung Unsri melalui USMB berjumlah 2.307 calon mahasiswa,” bebernya.

Anis mengungkapkan, harapannya dengan USMB ini adalah untuk menciptakan kebersamaan antara Unsri dan PTS. “Tidak ada persaingan antara PTN dan PTS,” katanya.

Ketika ditanya tentang pembelajaran tahun ajaran baru, Anis menambahkan, ketika tahun ajaran baru dimulai, Unsri tidak ada pembelajaran 100 persen tatap muka. “Pembelajaran setelah covid-19 berakhir, kita menerapkan pembelajaran Hybrid learning, yakni model pembelajaran secara daring dan luring atau tatap muka, ” tandasnya.

By : M Asri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *