oleh

“Warga Perum TPI Indralaya Senam Sehat Tangkal Covid”

Langsung Dikoordinir Bu Yanti Triono

 

INDRALAYA, SuaraSumselNews | BERTEMPAT di pasilitas umum (Pasum) Perum Taman Permata Indah (TPI) Indralaya Mulya, setiap Sabtu pagi dilaksanakan senam sehat. Dan dikoordinir oleh Bu Yanti Triono dan ibu RT 09/10.

Semula kegiatan senam ini hanya dilaksanakan dihalaman kediaman Bu Yanti Triono diikuti beberapa warga tetangga .Namun seiring waktu hingga hari Sabtu ke tujuh, 24 Oktober 2020 peserta senam pagi semakin ramai diikuti oleh warga TPI Indralaya lainnya.

Makanya kegiatan ini dialihkan dilapangan sarana Pasum Perum TPI Indralaya. Patut diapresiasi pada Sabtu ke tujuh ini, kegiatan senam dihadiri oleh tim Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Departemen Kesehatan RI Provinsi Sumsel.

Kepala LK V Indrlaya Mulya , H Abdulher , S.Sos, MSi, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada warga yang secara sukarela melaksanakan senam sehat setiap Sabtu ini. Kegiatan ini patut rutin dilaksanakan, terlebih lagi dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid 19.

Terkait dipilihnya kelompok senam pagi Sabtu warga Perum TPI Indralaya oleh tim LKTM Kemenkes RI Sumsel, Ketua Tim LKTM dr Hermanto menjelaskan, LKTM Kemenkes RI dibawah Dirjen Kesehatan Masyarakat memiliki program mensosialisasikan kesehatan kepada masyarakat menggunakan kiat tradisioanl, herbal jahe, tumbu lawak dan sejenisnya.

Wilayah kerja LKTM Palembang meliputi wilayah provinsi Aceh hingga Jatim. Kelompok senam pagi Sabtu warga TPI Indralaya Mulya merupakan salah satu prioritas setelah mendapat info adanya kegiatan rutin senam pagi Sabtu. Setelah kita hadir memang benar adanya kegiatan ini dan cukup banyak pesertanya.

Pada kesempatan ini pula telah disosialisasikan program 3M+, yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan dengan air dan menjaga jarak. Lalu memasyarakatkan program kebugaran dan kesehatan disebut program Germas dengan berolah raga teratur, istirahat yang cukup, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta ramuan herbal.

Terkait pendanaan, dr Hermanto menjelaskan bahwa ini dilaksanakan dengan dana APBN Kemenkes RI.
Terpisah beberapa warga TPI peserta senam sehat pagi Sabtu mengatakan, kegiatan ini murni timbul dari keinginan warga dalam rangka mendukung program sehat tangkal Covid 19.

Warga secara sukarela menyediakan sarapan pagi juga air minum mineral, kopi dan teh setelah senam. Selaku instruktur senam, bidan Heny salah seorang tenaga kesehatan Kabupaten Ogan ilir, berharap kegiatan senam sehat ini berlangsung secara rutin dan diikuti seluruh wagra TPI dan sekitarnya. (*)
laporan : gusti ali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed