oleh

Meski Hari Libur Bupati Lahat Kunjungi Lokasi Pasar Bawah

62 Rumah Korban Kebakaran Segera Dibangun

 

LAHAT, SuaraSumselNews | MESKI hari libur, Bupati Lahat Cik Ujang SH masih sempatkan kunjungi Posko Kebakaran. Dan melihat lokasi puluhan rumah yang terbakar di Kelurahan Pasar Bawah Kabupaten Lahat yang telah diratakan dengan alat berat, Kamis (29/10).

Kepada media ini, Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan lahan kebakaran masih adanya rongsokan. Makanya hari ini sudah di ratakan. Ini sudah di programkan supaya puluhan rumah terbakar lebih cepat di bangun kembali.

Makanya, supaya tertata Dan tidak salah, ya kita sket kembali karena di lokasi Simpang Tiga ini ada yang banjir. Jadi kita cari beberapa titik sudet (membelokkan air). Dan pembangunannya lebih baik sesuai yang di harapkan”, jelas Bupati Lahat ini.

“Insyaallah 62 rumah yang terbakar akan di bangun kembali. Tetapi bangunannya disesuaikan tanah yang ada. Untuk sekarang lagi mencari titik sudet guna mencegah terjadinya banjir. Pembangunan secepatnya di lakukan dan target kita tahun 2021 tuntas, ” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Lahat Limra Naufan ST MT mengatakan Lahan sudah di ratakan di lokasi kebakaran kelurahan Pasar Bawah.

Rencana pembangunan perumahan di lokasi kebakaran tim sudah survey dan diupayakan 62 rumah itu terbangun. Dengan dana yang ada, Insyaallah pembangunannya selesai di tahun 2021. Sekarang tahap perencanaan, kembali kita sket, supaya pembangunannya sesuai yang di harapkan”, kilahnya.

“Untuk tanah yang berlebih, kita gunakan untuk fasilitas lainnya, fasilatas umum seperti jalan dan ruang hijau, karena konsepnya dengan penataan pembangunan kawasan yang baru. Pembanguan di lokasi kebakaran rehabiliasi total lebih ditata dengan pola baru”, jelasnya .

“Untuk mengurangi dampak banjir yang disebabkan meluapnya drainase Air Tua seperti arahan Pak Bupati akan dibuat sodetan yang langsung ke sungai Lematang. Terbatasnya lahan, nanti akan dibangun di bawah jalan setapak”, kata Limra.

“Pembangunan akan segera dimulai bila tidak menimbulkan permasalahan sosial masyarakat. Terima kasih pada seluruh masyarakat yang berpartisifasi dan peduli. Mudah-mudahan segera terwujud, ” ujarnya .

Sementara, Lurah Pasar Bawah Helmansyah SE mengakui Dari perhatian Pemkab Lahat pembangunan di lahan kebakaran akan secepatnya di bangun. Ya tahun 2021 pembangunannya selesai .

“Sebelum pembangunan dilaksanakan masyarakat akan kita panggil. Dan kita ukur dan buat surat pernyataan yang di Ketahui RT, RW, Lurah dan Camat “, ujarnya .

Tampak di kegiatan itu Sekda Lahat Januarsah Hambali SH MM, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, Kadis PRKPP, Kabag Humas Protokol Setda Lahat, Kepala BPBD dan Lurah Pasar Bawah.(lh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed