oleh

Mengenal Lebih Dekat Band Akustik MAN 2

Juara III Festival Musik Akustik Tingkat SLTA Kota Palembang

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | BANYAK cara yang dilakukan sekolah-sekolah dalam melindungi anak didiknya agar senantiasa beraktivitas di jalur-jalur positif. Begitu pula MAN 2 Palembang yang berada di area UIN Raden Fatah Palembang. Meski berbasis pendidikan agama Islam namun sekolah ini tetap memberikan porsi pendidikan ekstrakulikuler. Salah satu estrakulikulernya adalah seni musik.

Dalam seni musik  MAN 2 Palembang memiliki group musik  ‘Band Akustik MAN 2 Palembang’ yang gawangi oleh guru pembina Muhabbaini, pelatih Abdillah Syukron. Personil : Surya Pratama Putra, Putri Meidiana Sari, Nadya Putri Suryani, Rahmad Fajrul Aziz dan Ridho Muhaidi. Dalam beberapa kesempatan ‘Band Akustik MAN 2 Palembang’ mampu meraih beberapa penghargaan dalam festival band akustik tingkat pelajar dan umum yang berlangsung di kota Palembang. Meski belum memiliki jam terbang banyak tetapi apa yang dilakukan oleh ‘Band Akustik MAN 2 Palembang’  dapat dijadikan inspirasi bagi kaum millennial lainnya. Seperti baru-baru ini berhasil meraih juara III dalam ajang festival musik akustik tingkat SLTA se-kota Palembang yang diselenggarakan di SMA Negeri 3 Palembang.

Berikut petikan wawancara di kediaman Surya Pratama Putra pemain melodi ‘Band Akustik MAN 2 Palembang’ di Komplek Perum Sukabngun Indah II Blok R No.1 Sukajaya Sukarami Palembang.

Group Band MAN 2 Palembang saat meraih Juara I Festival Band Akustik yang diselenggarakan Sripoku-Tribun Sumsel di OPI Mall Februari 2019.

Assalamualaikum
Waalikumsalam warahmatullahiwabarakatuh

Kami lihat penampilan band kamu bagus, sejak kapan belajar main guitar?
Kalau belajar guitar dari kelas 6 SD dan masuk kelas 1 SMP baru kuasai enam kunci natural

Sapa yang ngajari main guitar?
Pertama sering lihat papa main guitar di rumah tapi papa lagu-lagunya jadul semua, kemudian saya buka youtube dan searching di google. Kemudian di Sekolah MAN 2 Palembang ini saya mengambil ekstrakulikuler bidang seni music.  Diasuh Ibu Muhabbaini sebagai pembina dan Kak Abdillah sebagai pelatih barulah saya mengenal dan bisa apa itu akustik, tentu saja bersama teman-teman personil yang lain.

Bagaimana membagi waktu antara belajar dan berlatih?
Kami berlatih sesudah jam belajar pada saat ekstrakulikuler setiap Jumat dan Sabtu , terkadang hari minggu kalau tak ada festival juga sering berlatih di rumah Kak Abdillah.

Sulit tidak belajar guitar akustik?
Pertama tentu sulit, tapi lama-kelamaan bikin asyik yang penting konsisten saja. Karena bermain guitar tingkat kesulitannya menurut saya paling tinggi dibanding alat musik lain

Sulitnya dimana dibanding alat musik lain?
Guitar kan tuth nya berupa senar dan areanya sempet banget, kalau lagi pertama-tama terasa banget jari-jari sakit semua. Beda kan dengan orgen atau piano?  Tuth nya mudah disentuh dan pasti menimbulkan suara merdu langsung,beda banget dengan guitar

Tips supaya mudah bulajar gitar akustik?
Yang pertama konsisten, kedua fokus , jangan mudah down atau menyerah dan putus asa

Apa cita-citanya di musik dan sekolah?
Saya ingin menjadikan musik sebagai tempat rekreasi dan dengan musik saya ingin membawa nama baik sekolah saya MAN 2 Palembang. Saya bercita-cita ingin melanjutkan ke Polsri dan kelak bisa bekerja sambil berdakwah. (ril)

Biodata
Nama : Surya Pratama Putra
TTL : Palembang 21 Februari 2002
Agama : Islam
Pendidikan : Pelajar Kelas XII.IIS.1 MAN 2 Palembang
Prestasi : -Juara I Festival Band Akustik Sripo-Tribun  (16 -2-2019)
-Juara III Festival Band Akustik Tingat SLTA di SMAN 3 Palembang  (28-7-2019)

Anak : Pertama
Adik : Prastya Permana , M.Ridho Arthano
Ayah : Suprapto Ramadhan
Ibu : Sri Isnawati
Alamat : Komp. Sukabangun Indah II Alamaiah Blok R No.1 Kel.Sukajaya Kec.Sukarami Palembang 30151.

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed