oleh

Menulis Berita dengan Hati

PWI Sumsel Adakan Coaching Clinic Bahasa Jurnalistik

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Untuk meningkatkan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dalam penyajian suatu berita, tentunya tidak terlepas dari fungsi dan kegunaan suku kata. Dan harus dipergunakan dalam rangkaian kalimat untuk menyajikan satu berita yang menarik dan memenuhi kaidah bahasa jurnalistik.

Guna meningkatkan cara penulisan dan bahasa yang benar dalam berita Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumsel kembali membuat terobosan, dengan menggelar Coaching Clinic Diksi dan Ragam Bahasa Jurnalistik, di gelar PWI Sumsel dan Balai Bahasa Provinsi Sumsel Selasa (30/7/2019) di Kantor PWI Sumsel, Jalan Supeno Palembang.

Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar mengatakan, unsur bahasa adalah satu faktor yang menentukan terhadap produk jurnalistik. Karena penyajian berita dan konten bergantung dengan kemasan bahasa yang baik dan benar.

“Coaching clinic adalah program PWI yang muaranya untuk meningkatkan skill wartawan dan kualitas wartawan,” jelas Firdaus.

Menurutnya, kegiatan ini akan digelar lagi dengan kajian yang berbeda, namun masih terkait penggunaan Bahasa Indonesia.

Sementara itu, pembicara dari Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Linny Oktovianny memaparkan, kegiatan ngobrol pintar dengan topik Diksi dan Ragam Bahasa Jurnalistik bersama PWI Sumsel bertujuan agar wartawan semakin piawai menggunakan diksi dalam penggunaan bahasa jurnalis.

“Karena wartawan itu orang yang piawai menulis, maka dengan adanya kegiatan ini hendaknyai semakin piawai menulis sesuai bahasa Indonesia yang baik dan benar, berdasarkan kaidah yang ada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam penggunaan bahasa di media cetak maupun online sudah baik, tapi ada beberapa yang keliru.

“Bahasanya sudah baik, tetapi ada beberapa kekeliruan lazim keliru, misalnya penggunaan kata imbuhan di dan penggunaan kata tanya dalam kalimat berita,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut di bahas tentang diksi atau pilihan kata serta ejaan yang standar. Dalam kesemptan tersebut Linny Oktovianny menjabarkan tentang penggunaan kata baku bisa menggunakan kamus Bahasa Indonesia online https://kbbi.web.id/.

Selain itu dalam pelatihan materi yang disampaikan yakni menulis dengan hati, dengan memberikan tugas kepada peserta coaching untuk menulis berita dari fakta berupa gambar-gambar slide yang ditampilkan dan pembahasan hasil tulisan dari gambar tersebut. (@s)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed