oleh

Afzarki Katering Terapkan Food Safety Management System

Raih Penghargaan Embarkasih Terbaik se Indonesia Dalam Bidang Katering

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Untuk melayani makan dan minum sekitar 450 jamaah haji setiap hari, tentunya bukanlah perkara mudah, namun bagi Pusparia pemilik Katering Afzarki yang berlokasi di jl. Sultan M Mansyur, Lr. Keluarga, dirinya merasa tidak terbebani dengan hal tersebut, mengingat catering miliknya ini sudah tiga tahun dipercaya Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang.

Dalam seleksi pelayanan catering haji tentunya dibutuhkan kualitas pelayanan yang prima, mengingat ratusan jamaah yang harus dilayani mulai dari pagi, siang dan malam hari. Pada musim haji 2019 CV Afzarki Permata Abadi kembali dipercaya PPIH sebagai pelayanan katering untuk kebutuhan makan dan minum para jamaah.

“Jemaah yang dilayani 8450 jamaah, terdiri dari dari 19 kloter, jadi satu kloter terdiri 450 jamaah, jadi setiap jamaah itu mendapatkan tiga kali makan dan dua kali coffe break,” jelas Pusparia didampingi suami Warto Raharjo di Asrama Haji Palembang, Kamis (18/7/2019).

Ia menambahkan, untuk para jamaah sendiri tanggapan mereka terhadap Afzarki Catering sangat baik dari segi rasa maupun jumlah cukup.

“Menu haji ini sangat ketat sekali, karena kita diawasi oleh kantor Kesehatan Pelabuhan dan juga dari interen kami juga ada ahli gizi dan lingkungan yang stay disini memantau menu tersebut dan menu juga sudah di siapkan dari Kementrian Agama dan kita tinggal melaksanakan,” jelas Puspa.

Menurutnya, jamaah yang datang beda-beda, mereka mendapatkan jatah tiga kali makan dan dua kali snack. “Jadi setiap hari menunya ganti-ganti. Jadi untuk mempermudah, menu itu berlaku siklus satu dan siklus dua dengan komposisi dan kalori yang sama,” jelasnya.

“Untuk menu lain, kita tidak diperbolehkan menyajikan, bahwa makanan itu tidak terlalu pedas dan jika ada unsur tahu diperiksa dulu, ada formalin atau tidak, jadi untuk catering haji ini menerapkan Food Safety Management System,” beber Puspa.

Pusparia yang juga Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Sumsel ini menambahkan, untuk menu setiap hari untuk satu kali makan, ada ayam, menu pendamping, sayur, buah dan air minum,” ungkapnya.

Untuk makan malam sendiri menunya bisa ikan, telor, kerupuk dan lainnya. “Jadi untuk menu tidak bisa diretur, tidak boleh di tukar atau disimpan, jadi kita masak harus habis dalam satu hari,” terangnya.

Selain itu untuk chep sendiri, menurutnya sudah sertifikasi semua. Catering Afzarki sangat mengutamakan kualitas, secara teknis dan proses pembuatan makanan yang sangat ketat. Mulai dari supplier yang memenuhi standar dan bersertifikat sampai dengan kulitas bahannya harus yang bagus.

Meski kesannya sepele menyiapkan makanan, tapi bagi Puspa malah sebaliknya bukanlah hal sepele, karena semua itu menyangkut komitmen dan nama baik. Selain meningkatkan mutu pelayanan, Afzarki Catering juga tahun lalu meraih Embarkasih terbaik se Indonesia bidang katering.

“Tidak hanya itu saja, Embarkasih Palembang tahun lalu meraih penghargaan sebagai embarkasih terbaik se Indonesia dalam bidang katering,” pungkasnya. (@s)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed