oleh

Sabtu, Pemilu Susulan Lanjutan

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Dari 29 TPS yang akan melakukan Pemilu Susulan Lanjutan (PSL) sedangkan dari tingkat KPPS ada 13 TPS merasa keberatan, jadi saat ada 16 TPS yang akan melakukan PSL. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Kota Palembang divisi Pengawasan, Alex Berzili S.Si saat melakukan monitoring PPK Ilir Timur II.

“PSL akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019 di kelurahan Sei Buah Kecamatan Ilir Timur II Palembang,” ujarnya, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya, untuk persiapan PSL, pihak penyelenggara telah mendata surat suara yang diperlukan dan daftar hadir serta sirat suara di tambah 2 peraen bagi yang belum melaksanakan pencoblosan kemarin.

“Tadi, TPS 15 komplain sekitar 39 orang yang daftar hadir belum di akomodir. Bukan seluruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun daftar hadir tersebut sudah di tandatangani KPPS ditambah surat suara yang habis,” bebernya.

Alex, menambahkan bahwa pelaksanaan PSL di serahkan sepenuhnya kepada KPPS dan masyarakat. Pihak KPU kota Palembang hanya membuka kesempatan dan ruang bagi masyarakat, ini untuk TPS yang di rekomendasikan panwascam yang akan melaksanakan PSL.

“Sebagai pihak penyelenggara, persiapan PSL akan mendistribusikan surat suara yang direkap kekurangan sesuai daftar hadir. Kemungkinan malam ini akan dimasukan surat suara kedalam kotak suara Presiden dan di saksikan saksi Paslon 01 dan 02,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini belum diketahui berapa jumlah surat suara. Sekarang sedang dilakukan penghitungan memacu pada daftar hadir sesuai selisih antara daftar hadir dan surat suara yang kemarin.

“Rata-rata kekurangan di bawah 50 surat suara di TPS. Ditambah penambahan sebesar 2 persen surat suara,” lanjutnya.

Ia berharap agar masyarakat yang kemarin belum terakomodir untuk memilih, kesempatan di berikan pada hari Sabtu (27/4). Sesuai rekomendasi Panwascam TPS-TPS mana akan melakukan PSL sesuai informasi KPPS.

Sementara itu, ketua PPK Ilir Timur II, Wirawan menambahkan, PSL ada 16 TPS di perkirakan ada 500 suara khusus kelurahan Sei Buah. Khusus Pemilihan Presiden karena Caleg tidak ada masalah sejauh ini.

“Diharapkan Pemilu lanjutan ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan dari mana saat proses berlangsung,” harapnya. (As)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed