oleh

Pemkab Muba Support PWI ‘Go Digitalisasi’

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Dukungan terhadap program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) terus berdatangan dari berbagai pihak terutam dari pemerintah daerah.

Jika Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru memiliki komitmen membantu mobil operasional maupun mencarikan gedung sekretariat PWI Sumsel, hingga mendukung upaya pendirian Sekolah Jurnalistik Indonesia.

Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba mensuport dan berkeinginan mensinergikan program dengan PWI dalam hal program digitalisasi.

Bupati Muba melalui Pelaksana Tugas (Plt) Dinkominfo Muba, Dicki Meiriando mengatakan, Muba memiliki program Smart City  maupun Smart Regency terutama digitalisasi perangkat daerah dengan layanan terintegrasi.

Dari dua program tersebut, menurut Dicki, sangat berkaitan dengan program PWI Sumsel ‘Go Digitalisasi’ dan program PWI Muba ‘ Smart and Positive Journalist’.

“Kami (Dinkominfo Muba -red) merasa sinergi dengan program PWI terkait digitalisasi, apalagi bila dikaitkan dengan program Pemkab Muba yakni Smart City dan Smart Regency,” kata Dicky saat bersilaturahmi dengan Ketua PWI Sumsel H Firdaus  Komar di Bangi Kopi yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Palembang, Sabtu (16/3/2019).

Dalam silaturahmi tersebut, Firdaus didampingi Bendahara PWI Sumsel, Novasriady dan Wakil Ketua Bidang Cyber dan IT, Edwar Heryadi.

Menurut Dicky, bentuk kongkret yang pertama dari sinergi program digitalisasi tersebut, Dinkominfo Muba memberikan bantuan pendanaan terkait pengadaan website PWI Sumsel dan PWI Muba.

Di samping itu, menurut Dicky, ke depan pihaknya akan menjalankan program bersama PWI, bagaimana memberikan skill tambahan kepada jurnalis sebagai konten kreator melalui berbagai workshop maupun pelatihan-pelatihan.

“Kita harapkan ke depan jurnalis ini memiliki penghasilan tambahan dari skill baru sebagai konten kreator, selain penghasilan dari profesinya sebagai wartawan,” kata Dicky.

Dicky juga berharap pelayanan PWI Sumsel ke depan dapat dilakukan secara online. Sehingga bila ada masyarakat ingin mengetahui mengenai dunia kewartawanan dapat langsung mengakses website PWI.

Selain itu, menurut Dicky, jika ada masyarakat ingin menyampaikan aspirasi maupun pengaduan dapat menyampaikannya langsung ke website PWI.

“Kita berharap PWI tak hanya memiliki website namun memiliki channel youtobe, instagram, facebook, sehingga bisa berkomunikasi dengan masyarakat,” harap Dicky.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar menyambut baik, dukungan berbagai pihak terutama pemerintah daerah terhadap program organisasi kewartawanan ini.

Menurutnya, PWI pada dasarnya bermitra dan bersinergi dengan pemerintah daerah. “Saya mengucapkan terima kasih terhadap dukungan Pemprov Sumsel dan Pemkab Muba terhadap program PWI Sumsel,” kata Firdaus.

Terkait program go digitalisasi, menurut Firdaus sudah sangat mendesak untuk membenahi sejumlah sistem. Salah satunya data base keanggotaan PWI Sumsel yang akan dibawa ke arah digitalisasi.

“Terkait data pemilihan kemarin 463 anggota biasa PWI Sumsel, tapi selama ini ‘kan manual, ke depan kita akan berusaha sistem menjadi digital,” kata Firdaus. (as)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed