oleh

Kominfo Lubuklinggau Gelar Bimtek

LUBUKLINGGAU, Suarasumselnews- Antusias peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik, kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Lubuklinggau bekerjasama dengan Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) pada Kamis pagi 14 Desember 2017 mendatang di Gedung Bandiklat Kota Lubuklinggau ini cukup tinggi peminatnya.

Terbukti, sejak dibukanya pendaftaran pada Kamis (07/12/2017) dan berakhir pada Selasa (11/12/2017), ratusan peserta telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Bimtek Jurnalistik.

Agus Kurniawan, selaku Sekretaris Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) didampingi Holil Arham selaku Panitia pendaftaran menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek yang mengusung tema “Peranan Pers Dalam Menjaga Profesionalisme, Netralitas, dan Independensi Untuk Menghadapi Pilkada Serentak 2018” ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Tugas, Pokok dan Fungsi (Tufoksi) Jurnalis dalam menghadapi Pilkada serentak.

“Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan para peserta lebih mendalami tentang fungsi dan peranan Pers secara profesional dan netralitas,” jelasnya.

Agus menambahkan, selama ini diduga Pers acap kali ditunggangi bahkan dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pihak tertentu, sehingga masyarakat dibuat bingung akan pemberitaan yang ternyata bersifat tendensius.

“Wartawan itu bukan hanya bisa menulis, akan tetapi harus memahami dasar-dasar jurnalistik, diantaranya wawasan, keahlian atau skill serta etika yang mengacu kepada Kode Etik Jurnalistik,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kadis Kominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi melalui Kasi Hubungan Media dan Pemerintah Febrian Saputra Mengatakan Kegiatan ini merupakan bentuk Sinergitas Pemerintah Kota dan Insan Pers yang ada di daerah ini.

“Media merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi di tengah masyarakat diharapkan peran media menyongsong pilkada serentak Khususnya kota Lubuklinggau 2018 dapat memberikan informasi secara Objektif, Akurat dan Berimbang, sesuai Kaedah fungsi Jurnalis dengan menjunjung tinggi Profesional dan Netralitas,” ujarnya.

Seraya menjelaskan para  peserta bimtek itu diikuti jurnalis baik media cetak, online, elektronik baik lokal, regional dan nasional. (zuki)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed