oleh

Sumsel Tuan Rumah Hari Aids se-Dunia 2017

PALEMBANG- Sumatera Selatan ditunjuk menjadi tuan rumah memperingati Hari Aids Sedunia (HAS) bulan Desember mendatang, hal ini diungkapkan Endang Budi Hastuti selaku Kasubdit HIV/AIDS dan PIMS Kemenkes di Hotel Aryaduta,  Kamis (30/11).

Endang Budi Hastuti

Endang menjelaskan,  dengan tema Saya berani, Saya sehat! diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan terhadap HIV/AIDS, serta menyebarluaskan informasi yang benar.

“Dengan upaya kita sudah melakukan membuat media iklan cetak maupun elektronik dengan iklan layanan masyarakat yang ada di TV diharapkan masyarakat akan diberikan edukasi melalui hal itu,”  ungkapnya.

Untuk memperingati HAS ini,  Endang menjelaskan akan ada game seperti Futsal pada tanggal 3-4 Desember diikuti lebih kurang 40 tim dari sekolah yang ada di Sumsel, serta nonton bareng pada acara puncak yakni film Galuh Karna yang akan dilaksanakan tanggal 5 Desember 2017 mendatang.

Tidak hanya itu, masyarakatpun dengan mengakses sosial media bisa mengedukasi dengan  informasi digital tentang pentingnya anak remaja tentang Kesehatan Reproduksi, dengan mereka tahu soal HIV/AIDS,  bagaimana penularannya dan bagaimana kita menjaga diri untuk tidak tertular, tukasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan,  Lesty Nuraini, M.Kes mengungkapkan, acara ini dilakukan  agar masyarakat tahu yang sebenarnya mengenai penyakit HIV, bagaimana tindakannya, tata laksananya yang benar,  jadi kita mengajak masyarakat supaya sadar akan kesehatan, jelasnya.

Ia menambahkan, dengan demikian masyarakat bisa tahu apa yang harus dilakukan terhadap adanya penyakit HIV dan apabila  sudah mengenai masyarakat di usia yang muda-muda produktif, kalau tidak segera ditangani kita akan kehilangan produktivitas orang-orang muda yang ini artinya sangat merugikan.

“Kita lakukan semuanya untuk hidup sehat dengan germas yang pertama yaitu aktivitas fisik setiap hari minimal 30 menit, yang kedua makan buah dan sayur, yang ketiga deteksi dini penyakit termasuklah terhadap HIV/AIDS artinya masyarakat harus sadar apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatannya,” urainya.

Lesty menambahkan,  menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri dan keluarga, kalau semua keluarga sehat maka hidup akan menjadi berkualitas, kita harapkan kedepan Sumsel sehat ini akan segera terwujud, tegasnya. (asr)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed