oleh

Kades Srijabo Ujudkan Program Bupati

INDRALAYA- 60 persen dana desa telah dimanfaatkan untuk membangun jalan agar kepentingan transportasi angkutan hasil persawahan dapat terwujud. Terkait dengan kebutuhan itu, para petani Desa Srijabo, Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir, telah merasakan manfaatnya.

Kades Srijabo, Herian SE MM, mengatakan dana desa yang harus dialokasikan bagi pembangunan jalan desa sudah dilaksanakan. Pembangunan itu, katanya, dilakukan secara bersama-sama dengan perangkat desa lainnya yang bersinergi untuk dan berbenah membangun desa.

Menurut Herian, sebelum jalan itu dibangun, jarak yang ditempuh untuk menjual hasil panen petani, sangat jauh. ‘’Namun setelah dibangun, jarak tempuhnya makin singkat dan bahkan dalam hitungan menit, kendaraan yang akan membeli hasil sawah mereka bisa langsung ke lokasi persawahan petani,’’ ujar Herian kepada Suara Sumsel News, kemarin.

Pembangunan jalan itu, meliputi jalan setapak sepanjang 500 meter x 1,5 meter di RT 06-`10. Sedangkan di RT 9 Desa Srijabo, dibangun sepanjang 293 meter x 1,5 meter. Apalagi warga di tiga RT mayoritas berprofesi sebagai petani sawah.

Sedangkan 40 persen sisanya akan dibangunkan fasilitas WC dan sumur bor. Program ini untuk menunjang program Bupati Kabupaten Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam yang mencoba menciptakan kondisi desa yang bersih dan sehat.

Dengan tersedianya WC desa, diharapkan tak ada lagi pencemaran lingkungan akibat membuang kotaran sembarangan. ‘’Demikian juga tersedianya sumur bor, maka akan diperoleh air bersih yang layak pakai,’’ ujar Kades Herian, bersemangat.

Menurut Herian, semangat membangun desa itu dilatarbelakangi dukungan dan semangat para jurnalis dan LSM yang digelutinya sebelum menjadi kades. Saat itu, dirinya banyak tahu tentang pengabdian yang baik untuk memajukan desa.

Lebih dari itu, adanya kekompakan antarwarga, pemuka masyarakat dan segenap perangkat desa yang bahu-membahu memajukan pembangunan desa. ‘’Kita bertekad agar Desa Serijabo saatnya nanti akan sejajar dengan desa-desa lainnya yang lebih dahulu sudah maju di Kabupaten Ogan Ilir ini,’’ katanya.

Terkait program Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam tahun 2018 yaitu satu desa satu madratsah, Kades Herian bersama masyarakat Desa Srijabo siap menyukseskannya. Selain itu ia juga menyiapkan tenaga pengajar sebagaimana yang ditetapkan. (gma)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed