Wali Kota Harnojoyo dan Ribuan Siswa Peragakan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

DALAM memperingati Hari Cuci Tangan sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 15 Oktober, ribuan Pelajar di Kota Palembang memperagakan gerakan cuci tangan yang benar bersama Walikota Palembang H. Harnojoyo di pelataran Kambang Iwak Palembang, Rabu kemarin (18/10).

Wali Kota Harnojoyo mengingatkan para siswa agar senantiasa membudayakan hidup bersih sejak dini dengan menerapkan cuci tangan pakai sabun tiap masuk dan keluar kelas serta diterapkan dalam kehidupan sehari hari. “ Kebersihan ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak anak, agar kelak generasi bangsa ini sehat,” ujar Harnojoyo.

Tidak hanya itu, Harno jugamengingatkan kepada siswa-siswi akan pentingnya mencuci tangan bagi kesehatan, dengan demikian, anak-anak bisa hidup sehat. “Ini dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia, kita cuci tangan bersama-sama. Kenapa harus cuci tangan, karena dengan cuci tangan kita akan bersih dan menghindarkan penyakit yang masuk ke dalam perut kita,” tambah Harno

Usai pelaksanaan kegiatan, Wali Kota Harnojoyo secara langsung mengajak para pelajar melakukan operasi semut dengan memungut sampah yang ada dilokasi acara, menurutnya menjaga lingkungan yang bersih perlu peran serta orang tua yang memberikan contoh secara langsung kepada anak anak.

“Jika anak anak melihat kita (orang tua) memungut sampah secara langsung maka maindset nya akan tertanam tidak akan membuang sampah sembarangan,” urai Harap Harno. Dan menurut dia, perilaku mencuci tangan pakai sabun terlihat sederhana, namun sebenarnya banyak memiliki manfaat yang luar biasa. Dimana ini bisa menghindarkan masyarakat dari beberapa penularan penyakit seperti diare, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), flu burung dan penyakit infeksi lainnya.

“Gerakan cuci tangan diharapkan menjadi sebuah kebiasaan dan membudaya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” katanya. Menurut Harno, ada lebih kurang 500 jiwa manusia meninggal karena pola hidup tidak sehat. Maka untuk itu, dengan adanya gerakan ini. (PALEMBANG EMAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. Somebody necessarily lend a hand to make significantly articles I’d state. That is the first time I frequented your web page and up to now? I amazed with the analysis you made to create this particular submit incredible. Fantastic task!