Musi Rawas Sumsel

Patroli Shabara Cegah Kriminal

  • Berikan Rasa Aman Warga Mura

 

MUARA BELITI, SuaraSumselNews- GUNA mencegah terjadinya tindak pidana, anggota Satuan Sabhara Polres Musi Rawas (Mura) laksanakan tugas preventif dengan kegiatan patroli rutin.

Patroli secara dinamis dari suatu lokasi ke lokasi tertentu yang dilakukan petugas untuk cegah suatu tindak kriminal. Makanya petugas memberikan rasa aman, pelindung dan pengayom kepada masyarakat di daerah ini.

Kasat Sabhara Polres Musi Rawas, AKP M Harsono, SH kepada media ini kemarin mengatakan, semua kegiatan tersebut dilakukan dengan pengarahan terlebih dahulu. Maksudnya saat semua anggota sebelum melaksanakan patroli rutin dimaksud.

Terkait hal itu, Harsono minta kepada semua anggotanya mengutamakan keselamatan pribadi. ‘’Jika ingin bertugas jangan sendiri-sendiri. Tapi harus berkelompok atau berteman,’’ pintanya.

Katanya, patroli rutin Sabhra disini, bergerak ke arah Jalan Lintas Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo. Saat melintasi jalan tersebut berpapasan dengan kendaraan sepeda motor yang mencurigakan.

Kemudian anggota Sat Sabhara berputar arah dan memberhentikan laju sepeda motor itu. Kemudian pengendara diperiksa. Setelah diperiksa tak ditemukan suatu tindak pidana. Kemudian Ketua Regu Patroli menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Setelah itu patroli dilanjutkan ke arah Jalan Lintas Sumatera Kecamatan STL Ulu Terawas. Saat melintasi jalan tersebut, berpapasan dengan sejumlah siswa SMP yang baru pulang dari sekolah. Kemudian regu patroli Sat Sabhara menghampiri anak-anak tersebut dan mengajak untuk ikut naik mobil patroli agar cepat sampai ke rumah mereka.

Karena jarak tempuh dari sekolah ke rumah anak-anak  sangat jauh. Saat di mobil, anggota Sabhara sampaikan pesan-pesan kamtibmas. ‘’Kami sangat senang hadirnya patroli Sabhara Polres Mura yang bisa mengantarkan kami sampai ke rumah,’’ ujar sejumlah siswa dengan bersemangat itu.

Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro, SIK,MM membenarkan patroli rutin dilakukan anggota Shabara. ‘’Tugas mereka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Maksdunya, mencegah, menangkal adanya gangguan kamtibmas,’’  kilahnya. (*)

liputan : marzuki
Print Friendly, PDF & Email