Breaking News Ogan Komering Ulu

Sertifikasi Program Kotaku

Dilaksanakan Kementerian PU-PR di Prabumulih

BATURAJA, SuaraSumselNews – DIRJEN  Kementrian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) adakan pembekalan dan uji sertifikasi dalam program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku).

Pelaksanaanya Senin-Selasa (24-25/9) di Aula Pemkot Prabumulih  Timur dan dengan peserta dari 14 Kelurahan. Masing-masing, 11 Kelurahan Kota Prabumulih dan 3 Kelurahan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). ‘’Program ini agenda dari Kementrian PUPR  dalam upaya mengatasi Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Kepala Dinas  PU-PR Prabumulih yang diwakili, Duti Fitriansyah SIp,MT megnatakan, dengan adanya program uji sertifikasi ini, mampu membangkitkan SDM yang handal. Khusus bagi kelompok swadaya masyarakat (KSM) dalam tatanan bidang konstruksi.

Tak kalah pentingnya, juga diserahkan secara simbolis perlengkapan alat pelindung diri (APD) dan alat pelindung kerja (APK). Penyerahannya dari tim  Satuan Kerja (Satker), Bu Rita  pada peserta  terpilih  uji sertifikasi bina konstruksi.

Buktinya, peserta pembekalan dari OKU  yang diwakili, Budi Utomo sebagai Sekretaris  LKM Talang Jawa Jaya mewakili  Kelompok Swadaya Masyarakat  (KSM) Kelurahan Kemalaraja dan Kelurahan Air Gading.

Sebagai nara sumber, Maximillian,MT yang menjabat sebagai  fungsional pembina madya provinsi, memaparkan pembekalan uji sertifikasi ini mutlak dilaksanakan. Tujuannya, dalam menghadapi persaingan global, termasuk legalitas uji kompetensi.

Diharapkan, para peserta usai mengikuti pelatihan ini, nantinya akan mampu memberikan dorongan tentang program Kotaku yang diatur sesuai dengan UU No.18 tahun 1999 dan UU No. 02 tahun 2017 tentang jasa kontruksi. ‘’Setiap tenaga kerja kontruksi harus miliki sertifikat. Dan wajib pekerjakan tenaga kerja yang memiliki sertifikat.’’ (*)

laporan : budi utomo
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment