Breaking News Ogan Komering Ulu

Polisi Tangkap Harus Lapor RT

PNS Wajib Mengetahui Tindak Pidana

BATURAJA, SuaraSumselNews | PULUHAN Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pimpinan SKPD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendapatkan pencerahan. Khusus tentang gugus tugas penangangan tindak pidana.

Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Kejaksaan  Negeri (Kejari) Baturaja yang dipimpin, Kasie Intel, Abunawas SH, Rabu kemarin (12/9), bertempat  di  Hotel Kemuning.

Dijelaskan Abunawas, bahwa pelaksanaan gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang (GT PP TPPO) wajib di sosialisasikan. Utamanya, bagi PNS, tokoh masyarakat dan pelaksana pemerintahan. Baik dari tingkat RT/RW dan selanjutnya.

Selama sosialisasi mendapat respon positif dari semua peserta. Dan yang menariknya lagi saat tanya jawab dari peserta dengan antusias bertanya berbagai hal, terkait masalah hukum dan pelaksanaannya.

Buktinya, penanya dari Kantor Baem Lawyer  OKU, Dodi Febriansyah, SH & Rekan, menanyakan tentang hukum tindak pidana ringan (Tipiring). Katanya, wajar tidak, apabila ada kasus tindak pidana ringan langsung  di limpahkan ke kejaksaan melalui penyidik untuk di putuskan perkara tersebut.

Nara sumber, Abunawas,SH menjawab,  seharusnya penyidik harus teliti dan bisa membedakan apakah kasus tersebut wajar untuk dilanjutkan. Sebaiknya tidak diteruskan atau di putuskan, karena unsure tipiring sudah sangat jelas.  Dan dapat di selesaikan secara kesepakatan damai. Dengan melengkapi surat damai, ujarnya.

Sejumlah PNS juga ikut bertanya berbagai hal terkait hukum. Dan semuanya dapat dijelaskan nara sumber. Dampaknya, peserta merasa puas dan dapat memahami dari prantugas penegak hukum. ‘’Solialisasi ini penting diketahui. Tujuannya, memberikan wahana pengetahuan hukum yang dinamis,’’ urai Abunawas lagi.

Lain halnya sosialisasi yang di gelar di Kantor Lurah Kemalaraja, sebelumnya. Dimana, Ketua RT 17 Pak Acap, dia bertanya pada Bambang Irawan, SH tentang penangkapan  tersangka narkoba.

Bahwa kata Acap, jika terjadi penangkapan dengan tuduhan  seseorang pemakai narkoba, wajib tidak bagi petugas dari kepolisian (polisi-red) sebelum melakukan penangkapan, melapor terlebih dahulu pada Ketua RT/RW setempat.

Menurut Bambang bahwa demi kenyamanan masyarakat, tentunya wajib menerima laporam dari pihak petugas kepolisian. Utamanya tentang laporan penangkapan warganya, jawab Bambang dengan santai. (*)

laporan : budi utomo
Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment