Breaking News Ogan Ilir

Desa Burai Sebuah Embrio Mulai Dewasa

Kampung Wisata Warna Warni 

OGAN ILIR, SuaraSumselNews | Desa Burai, mungkin selama ini sebagian orang banyak belum mengetahui, namun seiring waktu serta peranan pemerintah daerah setempat kini Desa Burai sudah sampai ke manca negara, Kampung Warna-Warni Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dengan pemandangan yang unik, serta uniknya warna-warni rumah warga di kampung tersebut dipenuhi dengan warna warni cat membuat pengunjung di desa tersebut bisa melepas lelah dengan keindahan alamnya.

Kampung warna warni ini disulap semakin gemerlap dan dijadikan aset wisata baru di Kabupaten Ogan Ilir dan Sumsel ini adalah salah satu desa binaan Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, hal ini disampaikan General Manager Pertamina Asset 2 Prabumulih, Heragung Ujiantoro di sela-sela lokakarya Media Field Trip dan Pembukaan Media Kompetisi Satuan Kerja Khusus (SKK) Minyak Gas (Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Wilayah Sumbagsel bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumsel 2018, Rabu (7/1).

“Ini adalah salah satu calon obyek wisata dan merupakan corporate sosial responsibility (CSR) Pertamina EP Asset 2, berdasarkan undang-undang bahwa sebagai perusahaan untuk melakukan CSR, sebelumnya sudah kita koordinasikan dengan pemerintah daerah setempat setahun lalu,” ujarnya.

Dengan program CSR perusahaan dengan berkolaborasi dengan pemerintah, untuk Desa Burai dijadikan objek wisata.

“Mulailah untuk mengawali seperti apa Desa Burai ini kalau dijadikan tempat wisata, sambutannya cukup antusias, ditambah dengan potensi budaya, ekonomi, masyarakatnya sangat mendukung,” bebernya.

General Manager Pertamina Asset 2 Prabumulih, Heragung Ujiantoro.

Menurutnya beberapa tenaga kerja di Desa Burai ini bekerja di luar, begitu mengetahui desa ini akan dijadikan desa wisata mereka berbondong pulang untuk menjadikan desa ini jadi desa wisata.

“Ini masih sebuah embrio, sudah dilahirkan dan sekarang mulai beranjak untuk kita dewasakan, sesuai apa yang kita inginkan bersama, penuh potensi disini karena dukungan kepala desa,” urainya.

Selain itu Heragung berharap peranan media dengan melalui pemberitaan dan promosi akan memberikan semangat bagi masyarakat untuk lebih memajukan desanya.

Sementara itu, Mohammad Agus, SKK Migas Perwakilan Sumbagsel mengatakan ini adalah salah satu bagian dari Fieldtrip SKK Migas Sumbagsel.

“Jadi sebagai bagian acara fieldtrip ini salah satu berkunjung disini, kenapa dipilih ini, karena kita meminta rekan-rekan jurnalis ini bagaimana kita mempiralkan desa ini sebagai salah satu calon obyek wisata di Sumatera Selatan,” jelas Agus sembari menambahkan kalau bulan 1 atau bulan 2 desa ini akan dipenuhi air.

Kades Burai, Feriyanto mengatakan sebelum di jadikan desa wisata banyak kegiatan di Desa Burai dan Bupati Ogan Ilir beberapa kali hadir di desa dan melihat potensi desa ini, dan mencanangkan Desa Burai jadi Desa Wisata.

“Jadi pada bulan Maret dicanagkanlah Desa Burai menjadi Desa Wisata, kami di bantu pihak pemda untuk mengecat rumah dan ada perusahaan BUMN yang ikut membantu, yakni Pertamina dan terus berlanjut membantu Desa Burai melalui CSR nya,” ucap.

Feriyanto menambahkan bantuan dari Pertamina akan bermanfaat bagi masyarakat, baik untuk peningkatan ekonomi dan kegiatan kawasan wisatanya, jelasnya singkat. (as)

Print Friendly, PDF & Email

About the author

redaksi suarasumselnews

Add Comment

Click here to post a comment